Sunday, November 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Black Box Sang Perekam Cerita Lengkap Dalam Kecelakaan Pesawat

Black Box Sang Perekam Cerita Lengkap Dalam Kecelakaan Pesawat

Black Box, demikian banyak orang menyebutnya, selain para korban yang ada di dalam pesawat, perangkat ini juga adalah benda yang paling dicari bila terjadi kecelakaan pesawat, termasuk tentu adalah tragedi Lion Air JT610. Black Box paling diburu karena perangkat ini mampu menyimpan misteri yang bisa mengungkap penyebab kejadian kecelakaan pesawat. Black Box mampu menyimpan percakapan yang terjadi antara pilot kepada krunya atau menara pengawas dan sebagainya selama perjalanan.

Namanya memang Black Box, tapi sebenarnya perangkat ini tidak memiliki warna hitam sama sekali. Warna perangkat Black Box itu justru adalah oranye. Tentu bukan tanpa tujuan, pemilihan warna oranye dimaksudkan agar Black Box lebih mudah ditemukan karena warnanya yang cukup mencolok. Agar lebih mudah ditemukan, Black Box pun juga telah dibekali pemancar dalam paketnya. Hebatnya pemancar tersebut baru akan langsung aktif bila Black Box terkena air.

Pemancar di Black Box sanggup bertahan hingga kedalaman laut yang bisa mencapai 4 km. Setelah aktif maka pemancarnya akan terus menerus mengirimkan sinyal per satu detik selama 30 hari penuh. Berarti bila setelah satu bulan tidak ditemukan maka Black Box akan makin sulit untuk ditemukan. Mengantisipasi lokasi yang berkondisi ekstrim, Black Box dibekali material titanium atau stainless steel yang sengaja dibuat dua lapis. Bagian yang fungsinya melindungi komponen-komponen penting Black Box bahkan diklaim bisa bertahan pada tekanan sampai 3.400G.

Sejujurnya tidak pernah ada yang mau memeriksa black box, karena di dalam rekamannya terdapat percakapan yang menjelaskan detik-detik terakhir dari kecelakaan pesawat tersebut. Menurut beberapa investigator yang telah membuka black box, suara yang didengar pada saat-saat terakhir itu mampu membuat semua orang yang mendengarkannya terdiam beberapa saat. Semoga saja pembukaan black box tidaklah terjadi lagi.

Tim gabungan TNI, Polri, dan Basarnas sedang mencari kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang. Untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat, kotak hitam menjadi benda penting yang harus segera ditemukan. Lalu, apa fungsi kotak hitam?

Di dalam black box ini ada dua bagian yang pertama adalah Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berukuran 30 x 12,5 cm, yang merekam percakapan pilot, kopilot, ATC hingga awak pesawat. Durasi perekemannya adalah 30 menit. Selanjutnya ada Flight Data Recorder (FDR) yang berukuran 49 x 12,5 cm yang fungsinya adalah merekam data ketinggian, kecepatan, radar hingga putaran mesin. Durasi perekamannya berkisar 25-30 jam. Kelebihan black box yaitu mampu bertahan di suhu ekstrim yaitu 1110 derajat celcius selama satu jam serta punya sensor bawah air yang aktif selama 30 hari. Black box ditempatkan di ekor pesawat karena dianggap lokasi paling aman dan diciptakan oleh ilmuwan Australia yaitu Dr. David Warren pada tahun 1950-an.

Related Post

Game of Thrones, Rajai Emmy Awards 2018 Dengan 22 ... Game of Thrones  memang terbukti sebagai drama series terlaris di dunia, pasalnya dalam ajang Emmy Awards 2018 mendapatkan nominal paling banyak dan d...
Faktor Penyebab Enamel Gigi Menjadi Keropos dan Ru... Tahukah anda bahwa enamel gigi adalah zat terkuat dalam tubuh manusia? Enamel gigi memainkan peran penting dalam melindungi gigi kita dari bahaya po...
Insomnia Ganggu Aktivitas Harian, Gampang Kok Meng... Insomnia memang bukan masalah besar, ini bukan penyakit mematikan, namun kini berhasil menjadi kebiasaan buruk yang dialami banyak orang di usia produ...
Bodohnya Orang Ini, Bangga Tangkap Binatang yang D... Banyak sekali flora dan fauna di indonesia yang statusnya dilindungi oleh pemerintah dan dunia. Mari kita lihat beberapa diantaranya ada badak, tren...