Tuesday, March 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bikin Ponsel Lemot, Samsung dan Apple Diganjar Denda Mahal

Bikin Ponsel Lemot, Samsung dan Apple Diganjar Denda Mahal

Lembaga antimonopoli Italia (AGCM) melakukan tindakan penyelidikan secaara terpisah untuk merk Apple dan Samsung, terkait dengan dugaan kedua merk ponsel raksasa itu sudah menggunakan perangkat lunak tertentu yang bertujuan memperlambat kinerja ponsel.

AGCM mengganjar Apple dan Samsung denda karena sudah terbukti melakukan pelanggaran sejumlah kode etik konsumen. AGCM pun menarik denda kepada Apple senlai 5 juta euro, atau yang setara dengan Rp 86 miliar lantaran cukup banyak konsumen pengguna Iphone 6 yang mengeluhkan ponselnya mati usai memasang iOS 10.

Dari hasil investigasi yang dilakukan oleh AGCM, terdapat bukti bahwa iOS itu membutuhkan daya yanng sangat besar hingga membuat iPhone lama tidak cukup kuat hingga menyebabkan mati mendadak. Apple telah memperbaikinya dengan mengadakan rilis iOS 10.2.1, namun Apple tak memberi tahu kepada konsumen mengenai throttling sehngga iPhone bisa mengalami perlambatan guna mencegah iPhone mati secara mendadak.

Dengan begitu pun, performa iPhone yang cenderung lemot itu akan mendorong para pengguna untuk membeli ponsel iPhone yang baru.

Apple juga memperoleh tambahan denda sebanyak 5 juta euro lantaran tak menyampaikan informasi kepada para konsumennya terkait baterai, seperti masa pakai dan bagaimana cara untuk menjaga serta mengganti baterai.

Dalam kasus lan, pihak AGCM juga mengganjar denda kepada Samsung sebanyak 5 jta euro lantaran ketika memperbarui Android versi Marshmallow 6.0.1 yang ketika itu untuk Galaxy note 7 teranyar, para pengguna Note 4 mendapatkan masalah, mulai dari baterai yang cepat habis hingga masalah untuk sinyal ponsel. Dengan begitu pun, konsumen perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaiki kerusakan ponsel yang kaa itu Galacy Note 4 telah berusia 2 tahun dan sudah melewati tenggang garansi. Samsung pun lebih memilih untuk bungkam dan tak menyampaikan penjelasan pada para konsumennya.

Namun, Samsung memberikan protesnya kepada AGCM karena merasa tidak merilis update yang dapat menurunkan performa produknya.

“Kami merasa kecewa dengan adanya keputusan Otoritas Kompetisi Italia. Samsung tak pernah merilis update software yang dapat menurunkan performa Galaxy Note 4,” terang Samsung, dilansir dari CNET.

“Kami akan mengambil tindakan hukum yang dibutuhkan guna mengajukan banding atas keputusan AGCM,” pungkasnya.

Related Post

Masa Depan Indonesia Jika DIlihat Dari Laboratoriu... Gadis Berhijab  asal Mojokerto ini bernama Elsanyn Dhecma Dhalih Chaya Faatira mengikuti Program Teropong Masa Depan  atau Seeds for the Future yang...
Memesan Makan Secara Online, Wanita Ini Mendapatka... Jika kita lapar dan malas untuk keluar rumah, mungkin kita bisa memesan makan dan sekalian menyuruh kurir untuk mengantarkan melalui online. Kemudahan...
Akhirnya! Rilis Terbaru Trailer Kingdom Hearts 3 D... Pengembang game ternama dunia, Square Enix memberi cuplikan terbaru kepada para fans game Kingdom Hearts untuk mengintip Kingdom Hearts 3 beberapa w...
Negara Bagian Amerika Serikat,Massachusetts melega... Pada Hari selasa (6/6) komisi khusus yang menagani Game online,Game Fantasy Olahraga dan buku taruhan sepakbola bertemu untuk membentuk perangkat/sa...