Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Biji Nangka Memiliki Banyak Manfaat Baik Untuk Tubuh

Biji nangka biasanya Anda buang setelah konsumsi kulit nangka yang rasanya manis, ini kebiasaan yang salah. Pasalnya ada banyak manfaat dari biji yang ada di dalam buah nangka tersebut, jika sebelumnya banyak orang zaman dahulu merebus kembali biji tersebut dan digunakan sebagai camilan teman minim kopi bahkan teh.

Ternyata setelah dilakukan penelitian ada banyak sekali manfaat biji nangka untuk tubuh kita, dimana dalam 100 gram biji tersebut mengandung 185 kalori, protein, karbohidrat bahkan serat. Dimana kandungan lemak hanya 1 gram saja, sehingga aman di konsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, ada juga banyak kandungan mineral dan vitamin.

5 Manfaat Baik Biji Nangka Untuk Tubuh

  1. Mengurangi Risiko Anemia
    Ini sangat bagus sekali untuk wanita yang sudah melahirkan anak secara normal, pasalnya sering kali mengalami gejala anemia. Ini bukan karena pernah kehilangan banyak darah, melainkan terlalu banyak aktivitas namun kurang istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Dimana bisa mencegah sekaligus mengobati anemia.

    Pasalnya dalam biji nangka mengandung banyak zat besi, ini sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin, apalagi untuk Anda yang menderita darah rendah. Bukan hanya anemia, bagi Anda yang mengalami gangguan dengan darah, bisa diatasi terlebih jika sering kali merasa lemah dan mudah lelah tanpa sebab.

    Baca juga : Mayones Bisa Mematikan Kutu Rambut Begini Caranya

  2. Dapat Menguatkan Tulang dan Gigi

    Ini sangat bagus untuk Anda yang sudah berusia lanjut maupun dalam masa pertumbuhan, pasalnya memiliki banyak kandungan potasium, ini akan berfungsi menguatkan tulang dan mempermudah penyerapan kalsium dalam tulang. Selain itu juga memiliki banyak kandungan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan, bahkan untuk usia lanjut ini akan mencegah terjadinya osteoporosis lebih cepat.

  3. Makanan Afrodisiak

    Banyak orang menyebutkan jika biji nangka yang kaya kandungan zat besi bisa merangsang hubungan intim, namun hal ini salah. Pasalnya, biji bergetah ini banyak digunakan sebagai obat tradisional, ini untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan gangguan seksual, bukan untuk merangsang dan meningkatkan hubungan seksual.

    Beberapa ahli bahkan sudah membuktikan, jika memanggang biji tersebut rasanya akan seperti chestnut, ini sangat bagus untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Dimana tetap merasa kenyang, kandungan karbohidrat dan protein tinggi namun rendah lemak.

  4. Mencegah Aktifnya Sel Kanker Dalam Tubuh

    Hampir semua buah-buahan memiliki kandungan antioksidan, pasalnya di konsumsi secara langsung tanpa diproses terlebih dahulu. Hal ini membuat Anda yang suka konsumsi buah akan kaya antioksidan sehingga bisa mencegah risiko terkena kanker, meskipun ada riwayat keluarga terdekat yang mengalaminya.

    Banyak konsumsi biji nangka juga membuat Anda terhindar dari radikal bebas secara alami, dimana mempercepat dan bisa merangsang pertumbuhan sel baru untuk menggantikan sel lama. Selain itu bisa mencegah aktifnya sela kanker, dimana bisa memperlambat terjadinya degenerasi sel.

    Baca juga : Banyak Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Tubuh

  5. Memperlancar Sistem Pencernaan

    Sudah jelas, buah dan sayur banyak mengandung serat. Ini akan membuat tubuh terasa nyaman dan ringan, pasalnya tidak mengalami kendala saat buang air besar. Anda bahkan bisa BAB setiap harinya tanpa mengalami kesakitan atau berdarah.

    Selain itu, biji nangka juga bisa menimbulkan rasa kenyang, sehingga cocok menjadi pengganti nasi saat menjalankan program diet. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi akan mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Masih banyak lagi kandungan dan manfaat biji nangka yang sangat baik untuk kesehatan, ini bisa jadi alternatif camilan sehat. Cukup di rebus dan dimakan dengan teh atau kopi, rasanya akan cenderung gurih dan asin sehingga cocok jadi camilan di sore hari, bahkan makanan pengganti nasi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

One Comment

Comments are closed.