Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Biarkan Anak Menangis, Kenali kebaikannya!

Biarkan anak menangis, ini memang bukan tindakan setiap orang tua. Pasalnya saat anak-anak sudah mengeluarkan gelagat akan menangis, pasti mendapatkan perhatian ekstra. Memang benar rasa sayang membuat setiap orang tua tidak ingin buah hati menangis, padahal ada banyak manfaat membiarkan mereka menangis, bahkan saat sedang di area publik.

Mengapa bisa demikian? Menurut ahli Babyologist, biarkan anak menangis ini bukan tindakan buruk atau pembiaran yang lakukan orang tua, bahkan ada baiknya melihat mereka menangis dan akan diam dengan sendirinya. Justru dengan adanya larangan menangis, bisa menarik keberanian si kecil karena takut melakukan kesalahan.

3 Manfaat Biarkan Anak Menangis

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

    Saat anak-anak menangis, ini cara mengungkapkan perasaan, pasalnya usia di bawah 12 tahun belum bisa mengatakan apa yang dirasakan dengan baik dan spesifik. Apalagi untuk anak perempuan yang cenderung sensitif, bahkan orang tua jadi lebih mengenal anak setelah mendengar tangisannya. Ini bukan menyakitkan, namun cara mereka berkomunikasi lebih dalam.

    Bahkan saat menangis, kondisi tubuh bisa lebih sehat. Mengeluarkan air mata, ini baik untuk bola mata. Mengeluarkan keringat, ini sangat bagus untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, selain itu anak-anak juga bisa bersuara lebih keras. Bahkan bisa membantu kesehatan otak dan membangkitkan mental anak, sering kali orang tua melakukan tindakan bullying pada anak, misalkan jangan menangis, jangan nakal. Ini hal kecil yang mengekang pertumbuhan anak.

    Baca juga : Pernikahan Adat Atau Nasional, Ini Pertimbangan Dari Segi Budget

  2. Tidak Ada Batasan Orang Tua Dan Anak

    Menangis jadi jembatan komunikasi anak dan orang tua yang paling tepat, maka dari itu jangan memarahi anak yang sedang menangis. Cobalah untuk melihat dan biarkan anak menangis, tunggu hingga tangisannya mereda dan mulai dekap anak lebih erat. Ini untuk memastikan jika anak tidak pernah sendirian dan tidak perlu takut.

    Selain itu, anak yang sedang menangis, ini dalam proses meluapkan emosi dan perasaan yang terpendam selama ini. Jika Anda amati kembali, anak-anak yang cenderung tidak banyak menangis, akan menjadi pribadi pendiam, tertutup dan keras hatinya. Hal ini bisa mendatangkan sifat egois, tidak memiliki empati dan simpati pada orang lain.

  3. Bounding Pada Orang Tua

    Memang kebanyakan saat anak-anak menangis, selalu datang ibu yang akan mendekapnya dan mendiamkannya. Kenapa hanya ibu, ayah juga bisa turut serta untuk memiliki keterikatan dengan buah hati. Ini akan membuat mereka cenderung lebih terbuka, berani mengatakan pendapat dan merasa dihargai.

    Bahkan orang tua bisa mengatakan apa yang tidak boleh dilakukan, karena itu hal yang negatif dan tidak sebaiknya dilakukan anak baik. Membiarkan anak menangis dalam dekapan atau gendongan Anda adalah hal terbaik, jangan memarahi dan cobalah untuk mengerti buah hati Anda.

Sehingga kini sudah mulai menghentikan cara kasar untuk mendiamkan anak, ini bukan hanya dengan tindakan fisik melainkan verbal juga. Biarkan anak menangis hingga puas, setelah itu baru tanyakan kenapa harus menangis dan dengarkan apa masalahnya. Ini salah satu cara berkomunikasi paling bagus, jangan pernah melarang atau membuat anak bungkam dan tidak mau menangis lagi, ini cara paling mudah untuk membuat anak-anak menjauh dari Anda.

Related Post

Buzzer Politik yang Sudah Menjadi Mata Pencaharian... Ulasan Dunia - Setiap tahunnya selalu ada peta persaingan politik baru yang membuat para buzzer mulai berdengung. Mereka semua menggaungkan dukungan...
Hailey Baldwin Bocorkan Rahasia Miliki Tubuh Langs... Hailey Baldwin mendadak jadi wanita yang banyak dicari di dunia maya, setelah pemberitaan jika Justin Beiber yang baru mengencaninya sebulan terakhirn...
Tips dan Trik Menghilangkan Noda yang Tertinggal S... Hubungan seks memang sudah menjadi hal yang wajar saja untuk pasangan yang sudah menikah. Malah menjadi sebuah ibadah tersendiri. Sayangnya, seringkal...
Exo Berhasil Kalahkan BTS Voting Pilihan Lagu Pial... EXO berhasil mengungguli boyband satu negaranya, BTS, dalam voting lagu pilihan untuk penutupan Piala Dunia 2018. Vote yang berlangsung di akun resmi ...

2 Comments

Comments are closed.