Monday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berwisata Murah ke Mancanegara

Banyak orang yang ingin menikmati tempat-tempat wisata di luar negeri, tapi keinginan itu terpaksa dibatalkan, karena takut membayangkan biaya wisata yang mahal. Ketakutan yang cukup beralasan, meski sebenarnya dapat disiasati untuk dapat menekan biaya saat berkunjung ke mancanegara.

Kunci berhemat saat melakukan perjalanan ke  luar negeri sebenarnya ada 3 macam, yakni: transportasi, penginapan, serta makan. Jika kita dapat menyiasati ketiga hal tersebut, maka kita akan dapat menekan biaya seminim mungkin, tanpa kehilangan momen-momen indah saat berwisata.

Untuk bisa berhemat, Anda harus membulatkan tekad untuk melakukan wisata pribadi, artinya tidak melalui biro wisata, agar Anda dapat mengontrol pengeluaran pribadi. Karena memiliki keleluasaaan dalam mengontrol pengeluaran pribadi, semurah apapun biaya yang ditawarkan oleh biro wisata, jatuhnya akan tetap lebih mahal dibanding dengan berwisata pribadi.

Setelah mantap melakukan wisata pribadi, uruslah passport di kantor imigrasi. Anda hanya cukup berbekal passport jika Negara yang Anda kunjungi hanya seputar kawasan Asia Tenggara, tapi di luar itu, selain passport Anda juga harus memiliki visa. Setelah semua beres, saatnya Anda berpetualang di manca Negara dengan  menerapkan hal-hal yang terangkum di bawah ini, agar Anda dapat menekan pengeluaran seminim mungkin saat berada di negeri orang.

Baca juga: 10 Keajaiban Dunia Zaman Kuno Yang Mesti Anda Kunjungi

1. Biaya Transportasi

Langkah awal untuk menghemat biaya transportasi adalah dengan tidak bepergian ke suatu Negara pada saat Negara tersebut berada dalam suasana liburan, atau tengah menyelenggarakan festival, atau event-event internasional lain. Karena hampir dipastikan, disaat itulah harga tiket pesawat lebih mahal dari hari-hari biasa. Penghematan transportasi juga bisa dilakukan dengan senantiasa memanfaatkan mobil angkutan umum atau angkutan massal seperti bus dan kereta api, dan jangan menggunakan taksi.

 

2. Penginapan

Untuk menekan biaya penginapan, pertama bisa memanfaatkan rumah teman atau saudara jika di Negara yang dituju kebetulan memiliki teman atau sadara. Jika tidak, manfaatkan situs booking online, karena tidak jarang tempat penginapan yang ditawarkan situs booking online memberikan potongan harga yang besar, bahkan hingga 50%. Jika Anda melakukan traveling berkelompok dengan teman atau saudara, menginaplah di hostel atau dormitory, karena di kedua tempat ini selain dapat memuat banyak orang, juga dengan ongkos sewa yang relatif murah. Jika Anda berwisata seorang diri, jangan canggung untuk memanfaatkan Public Area seperti Stasiun dan Airport untuk beristirahat, karena di banyak Negara memiliki stasiun dan airport yang nyaman dan aman untuk dipakai tidur, meski tidak senyaman tidur dipenginapan tentunya, karena harus main kucing-kucingan dengan petugas security. Jika wisata yang Anda lakukan mengharuskan berpindah-pindah kota, manfaatkan bus malam, karena dengan demikian Anda bisa tidur di atas bus tanpa perlu menyewa penginapan, sehingga tidak sampai mengeluarkan uang kecuali untuk biaya transportasi.

3. Makanan

Perhitungkan lama perjalanan Anda saat berwisata, jika hanya 3 – 4 hari, Anda bisa membawa makanan instan dan mudah dibawa selama dalam perjalanan. Jika butuh waktu lebih, lama, pilihlah warung atau kedai sederhana, dan bukan restaurant mewah. Ada baiknya untuk mencari tempat makan di pasar-pasar tradisional, atau rumah makan yang menjadi langganan penduduk lokal, karena harganya bisa dipastikan akan lebih murah.

Related Post

Destinasi Pesiar Populer 2018 Versi Cruise Critic ... Destinasi wisata 2018 baru saja dirilis majalah Cruise Critic, ini bisa jadi rekomendasi tujuan untuk mengarungi lautan. Wisata pelayaran memang tenga...
Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata Berkemas sebelum berangkat berwisata, adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh disepelehkan. Sebab, jika kita salah dan tidak bisa memilih dan mem...
Balap Lari Banteng Spanyol Memakan Korban Jiwa Balap lari banteng memang jadi agenda tahunan di Spanyol, dimana kali ini Festival Balap Lari Banteng tersebut berlangsung di Pamplona, Spanyol. Namun...
Belarusia Memperpanjang Bebas Visa Untuk Wisatawan... Belarusia membuka wisatawan luar negeri untuk datang secara gratis, hal ini hanya berlaku untuk turis dari Indonesia. Dimana pada Selasa (24/07/2018),...