Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bersiaplah, Indonesia Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Di Tahun 2045

Bersiaplah, Indonesia Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Di Tahun 2045

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yaitu Bambang Brodjonegoro mengatakan hal mengejutkan terkait ekonomi Indonesia. Ia menyebutkan bahwa Indonesia berpotensi menjadi negara dengan kekuatan ekonomi kelima terbesar di dunia pada tahun 2045 di bawah China dan Amerika Serikat. Hal tersebut ia sampaikan saat berdialog dengan perwakilan generasi muda dari berbagai instansi di kediamannya di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (16/6).

“Tahun 2045 tidak hanya hitungan dari kami tapi juga hitungan dari berbagai institusi internasional mengatakan Indonesia berpotensi jadi kekuatan ekonomi ke-5 terbesar di dunia di bawah China yang nanti no 1, kemudian Amerika yang ke-2, India nomor 3, keempat Jepang dan kita nomor 5,” ucap Bambang di lokasi.

Bambang juga mengatakan, saat ini Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi sehingga diharapkan pada tahun 2040 Indonesia bisa menjadi negara maju. “Sekarang ini kita masuk negara berpendapatan menengah menjadi negara berpendapatan tinggi atau dengan bahasa sederhananya Indonesia kita harapkan di tahun 2040 menjadi negara maju,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak melupakan sejarah bangsa, terlebih lagi mengenai pembangunan yang telah dilakukan para pendahulu.

“Sangat penting untuk tidak pernah melupakan sejarah bangsa Indonesia bagaimana mempersatukan bangsa Indonesia itu ternyata tidak mudah, terutama di tahun 50-an dengan segala macam dinamikanya, tahun 60-an juga bahkan kadang-kadang sampai hari ini pun kita kadang-kadang masih ragu apakah kita sudah benar-benar bersatu,” tutupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis Indonesia bisa menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045. ‎Hal itu berdasarkan potensi ekonomi Indonesia yang ada saat ini.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang digelar Bappenas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5). Kegiatan ini dihadiri pemimpin pemda seluruh Indonesia dan pimpinan kementerian/lembaga (K/L). “Kita memiliki peluang besar menjadi negara ekonomi terkuat kelima, bisa masuk keempat dunia di 2045,” ujar Jokowi.

Untuk merealisasikan target itu, pemerintah akan melakukan percepatan pemerataan pendidikan, pembangunan rendah karbon, peran pertumbuhan di luar Jawa dan Sumatera, hingga infrastruktur merata dan terintegrasi. “Problemnya itu sudah kelihatan, persoalannya sudah kelihatan. Tinggal kita mau atau tidak penyelesaian tantangan di depan kita,” jelasnya.

Dia menambahkan, tenaga kerja Indonesia saat ini sebanyak 51 persen merupakan lulusan SD. Untuk mendukung target pemerintah, harus ada peningkatan kemampuan keterampilan dengan memberi pelatihan atau beasiswa.

“Ini kita terus rapatkan agar betul-betul kita bisa berikan beasiswa, bukan hanya puluhan ratusan ribu, tapi jutaan agar anak-anak kita bisa sekolah, baik di dalam maupun di luar negeri sebanyak-banyaknya,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan, tema Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yakni Indonesia Berpenghasilan Menengah-Tinggi yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan.

Adapun program yang ditekankan yakni sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas, pengembangan wilayah untuk pemerataan, hingga infrastruktur pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. “Pendanaan selain dari APBN dan APBD, juga melalui KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), pembiayaan investasi BUMN serta sinergi swasta dan masyarakat,” ucapnya.