Monday, September 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bermacam-macam Jenis Kurma Yang Menjadi Andalan Berbuka Puasa

Bermacam-macam Jenis Kurma Yang Menjadi Andalan Berbuka Puasa

Kurma merupakan buah yang paling diincar saat bulan Ramadhan. Rasanya manis nan legit, memang menjadi salah satu kudapan yang cocok disantap saat berbuka. Bukan hanya itu, buah yang memiliki nama ilmiah phoenix dactylifera ini juga mengandung segudang nutrisi yang diklaim baik untuk kesehatan.

Sayangnya, banyak dari kita yang hanya mengenal satu jenis saja. Padahal buah yang cukup sering menjadi andalan saat berbuka ini sangat beragam jenisnya, lho. Apa saja? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Barhi

Barhi atau barhee merupakan jenis kurma yang paling terkenal. Biasanya memiliki daging yang tebal dan kaya rasa. Menurut beberapa orang, jenis kurma ini lebih enak jika dimakan saat fresh daripada dikeringkan.

  1. Thoory

Buah yang sangat populer di Aljazair ini biasa disebut thuri atau ‘kurma roti’, karena teksturnya yang keras seperti kue. Buah kurma thoory memiliki warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan akan berubah menjadi kebiru-biruan. Selain itu, kulitnya juga sangat keriput dengan daging buah yang cenderung keras. Menariknya jenis kurma yang satu ini juga memiliki rasa manis dengan sentuhan rasa kacang.

  1. Halawi

Sesuai namanya, halawi atau halwa merupakan jenis kurma yang sangat manis. Jika kamu pencinta makanan manis, kamu pasti akan suka dengan jenis kurma yang satu ini. Selain itu, salah satu ciri khas kurma ini memiliki ukuran yang kecil dengan daging buah yang sangat lembut.

  1. Medjool

Kurma yang tumbuh di Palestina, Maroko, Arab Saudi hingga Yordania ini memiliki ciri khas lembut dan juga manis. Tak hanya itu, kurma medjool juga memiliki serat dengan kulit berwarna kuning agak cokelat kemerahan.

  1. Deglet Noor

Deglet noor sendiri memiliki arti ‘date of the light’ atau kurma yang bercahaya. Sesuai dengan namanya, kurma ini tampak bercahaya saat berada di bawah pancaran sinar matahari. Tak hanya itu, kurma yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algeria, hingga Amerika Serikat ini memiliki daging buah yang sangat lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis.

  1. Zaghloul

Kurma yang sangat populer di Mesir ini memiliki warna merah dengan bentuk yang agak panjang dan lonjong seperti melinjo. Tak hanya itu, kurma yang ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Di Mesir sendiri kurma Zaghloul dijual dengan harga yang cukup mahal.

  1. Zahidi

Zahidi atau zahedi merupakan jenis kurma semi-kering yang memiliki kulit berwarna kuning keemasan. Kurma yang berasal dari Iran ini juga biasanya memiliki ukuran sedang, berbentuk silinder, dengan daging yang tebal dan manis.