Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berjerawat Saat Hamil, Tenang Ini Normal Dan Atasi Dengan Cara Aman

Berjerawat saat hamil memang hal yang tidak diinginkan oleh wanita, pasalnya Anda tidak bisa melakukan apapun selain berharap jerawat segera hilang. Saat dalam kondisi berbadan dua, perempuan disarankan untuk tidak konsumsi atau menggunakan obat-obat, baik yang masuk dalam tubuh atau digunakan sebagai obat luar, karena bisa memberikan pengaruh negatif pada janin.

Namun bagaimana caranya mengatasi jerawat membandel yang tiba-tiba muncul saat Anda sedang hamil, tidak mungkin memencetnya karena akan bertambah banyak. Menggunakan pembersih muka dari dokter kecantikan tentu akan memberikan efek samping, Anda tentu tidak ingin terjadi hal buruk pada calon buah hati bukan. Dimana ada cara mudah mencegah dan mengatasi jerawat.

5 Cara Menghilangkan Fase Berjerawat Saat Hamil

  1. Tetap Jaga Kebersihan Wajah

    Ini hal utama sebagai langkah pencegahan berjerawat saat hamil, Anda tidak perlu menggunakan obat cuci muka khusus seperti biasanya. Cukup bersihkan wajah dengan bahan yang bersih, seperti kapas, tisu atau kain lembut. Usahakan untuk tidak terlalu keras, pasalnya kulit Anda saat hamil akan mengembang. Dimana jika tergores akan muncul stretch marks, noda yang akan terlihat setelah melahirkan.

  2. Batasi Penggunaan Sabun Cuci Muka

    Anda tetap bisa menggunakan sabun cuci muka seperti biasa asalkan lolos dari sensor dokter kandungan, namun mulai kehamilan batasi penggunaan. Jika sebelumnya saat merasa kasar, kotor atau dari luar ruangan langsung cuci muka, kini hanya dua kali dalam sehari saja.

    Ini hanya langkah pencegahan jerawat, lakukan sebelum tidur dan setelah membersihkan makeup. Usahakan tidak menggunakan tangan secara langsung, ini akan memperparah kondisi wajah, apalagi jika sudah terlihat memerah karena meradang.

    Baca juga : Jerawat Saat Hamil, Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

  3. Selalu Pilih Menu Makanan Sehat

    Ibu hamil tentu membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin dua kali lipat, bukan hanya untuk diri sendiri namun janin dalam kandungan. Maka dari itu, disarankan banyak konsumsi makanan yang mengandung B6, jika sedang mengalami serangan jerawat. Hindari makanan bersantan dan junk food, ini akan memperparah kondisi jerawat.

  4. Tetap Olahraga Ringan Rutin

    Kehamilan bukan jadi halangan untuk tetap sehat dengan melakukan olahraga, ini malahan baik untuk janin apalagi di trimester terakhir, dimana membuat calon buah hati banyak bergerak dan mempermudah persalinan nantinya. Selain itu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tubuh menjadi lebih ringan dan tidak tegang menghadapi persalinan.

  5. Bersihkan Rambut Secara Rutin

    Ibu hamil akan kesulitan untuk membersihkan rambut, apalagi keramas sendiri saat perut sudah sangat membesar. Ada baiknya meminta bantuan pasangan atau orang terdekat, bisa juga memilih untuk memanjakan diri ke salon untuk sekadar hair spa. Ini juga jadi hiburan sekaligus mencegah berjerawat saat hamil.

Ada banyak cara untuk mencegah berjerawat saat hamil, ini tentu memberikan gambaran jika tidak sulitmenjaga diri selama masa kehamilan. Nikmati setiap momen, apalagi saat buah hati sudah bisa memberikan respons berupa tendangan, bahkan Anda akan merindukan hal tersebut setelah melahirkan nantinya.

One Comment

Comments are closed.