Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berita HOAX Kematian Sylvester Stallone Tersebar, Ini Reaksi Aktor Rambo

Aktor Film Action, Sylvester Stallone dan saudaranya beralih ke media sosial pada hari Senin untuk meyakinkan dunia bahwa kabar meninggalnya adalah sebuah tipuan yang mulai beredar di Facebook dan Twitter.

Pemeran film Rambo ini diklaim meninggal pada usia 71 tahun setelah pertempuran dengan kanker prostat. Tipuan ini tidak jelas asal usulnya, Stallone masih aktif bekerja, baru-baru ini muncul dalam sebuah episode “This Is Us” dan membuat beberapa film, menurut IMDb.

Mungkin karena itulah dia sepertinya harus meluruskan hal ini di postingan Instagramnya.

Please ignore this stupidity… Alive and well and happy and healthy… Still punching!

A post shared by Sly Stallone (@officialslystallone) on

“Tolong abaikan kebodohan ini,” tulisnya di pos, “Hidup dan sehat dan sehat, Masih meninju!” tambahnya, mengacu pada karakternya yang paling terkenal, yaitu petinju Rocky Balboa.

Adik laki-lakinya yang juga seorang musisi, Frank Stallone mengucapkan kata-kata yang jauh lebih keras untuk siapa pun yang memulai berita hoax ini.

“Rumor bahwa kakak laki-laki saya meninggal adalah kesalahan pada pikiran orang gila yang  berpikir tentang hal-hal seperti ini untuk diposkan? Orang-orang seperti ini secara mental gila dan tidak pantas mendapat tempat di masyarakat,” tulisnya di Twitter, menambahkan, “Saya sangat protektif terhadap kakak laki-laki saya dan saya tidak menemukan humor dalam posting palsu hari ini tentang kematian saudara laki-laki saya. Ini membuat ibu saya yang berusia 96 tahun menjadi sangat marah. Saya tidak mengerti apa yang membuat Orang yang sakit itu melakukan ini? “.

Ini menandai setidaknya kedua kalinya rumor palsu kematian Stallone beredar secara online. Pertama kalinya, pada bulan September 2016, sebuah laporan Hoax CNN tentang “kematian” yang seharusnya muncul di Twitter, seperti yang dilaporkan oleh NME saat itu.

Hal itu seharusnya tidak terlalu mengejutkan. Aktor tersebut bukan orang pertama yang menjadi korban Hoax kematian selebriti, ini sudah ada sejak lama. Pada tahun 1966, sebuah kumpulan kecil penggemar rock mengklaim Paul McCartney meninggal dan digantikan oleh orang yang mirip.

Maraknya media sosial telah membuat penyebaran rumor tersebut menjadi lebih mudah. Ini menjadi lelucon internet yang umum. Di antara target selebriti dari tipuan kematian online: Betty White, Jack Black, Robert Redford, Macaulay Culkin, Ratu Elizabeth II dan Jackie Chan dan itu hanya puncak gunung es.

Baca juga: Molly’s Game: Kisah Nyata Wanita 26 Tahun Dibalik Game Poker Bawah Tanah yang Paling Eksklusif

Pada tahun 2010, pengguna Twitter dengan kurang dari 1.500 pengikut tweet yang CNN melaporkan Morgan Freeman meninggal di rumah Burbank-nya, menurut Slate. Ceritanya menyapu seluruh internet, akhirnya mendorong CNN untuk mengambil tindakan dalam meluruskan.

Pengguna Twitter kemudian berkata, “Itu adalah lelucon di antara teman-teman. Saya tidak berniat melakukan hal-hal seperti ini.”

Salah satu alasan kebohongan menyebar, bahkan dari akun Twitter kecil seperti itu, adalah karena orang peduli dengan selebriti, menurut editor media BuzzFeed Craig Silverman.

“Berita palsu bergantung pada viral sharing,” kata Silverman pada Digiday. “Jika Anda memikirkan mengapa begitu banyak bintang tunduk pada tipu muslihat, mereka telah menjadi bagian dari budaya pop yang orang-orang memiliki hubungan emosional. Dan itulah inti dari apa yang membuat berita palsu bekerja.”

Mark Bell, seorang profesor ajudan Indiana University yang berfokus pada penipuan di media digital, mengatakan bahwa banyak tipuan tipuan menarik.

“Orang suka berbohong,” Bell mengatakan kepada New York Times pada tahun 2012. “Mereka mendapatkan sensasi dari itu. Ada sedikit tekanan dopamin saat Anda berbohong, terutama kebohongan yang diyakini oleh orang lain.”

Beberapa tipu daya adalah penipuan phishing, seperti cerita yang mengklaim Brad Pitt telah bunuh diri yang mulai beredar di Facebook pada 2016. Pos tersebut dibuat agar terlihat seperti laporan daro Fox News, lengkap dengan logo jaringan dan tag line, “A purported FOX NEWS Video menunjukkan bahwa aktor Hollywood itu menggantung dirinya sendiri “.

Apakah anda menganggap hal ini masih dalam batas wajar?

Related Post

Di Benua Ini Kamu Bisa Lihat Keindahan Salah-satu ... Ulasan Dunia - Melihat keindahan langit adalah salah satu yang bisa dengan mudah dinikmati oleh manusia di dunia. Mengagumi ciptaan Tuhan yang begit...
Pria Tak Bergairah Di Ranjang Setelah Konsumsi Mak... Pria tak bergairah saat hubungan intim, ini tidak akan menghasilkan klimaks yang menyenangkan. Pasalnya laki-laki akan memegang kendali penuh dalam hu...
Gadis Cantik Ini Tidak Malu Membantu Orang Tuanya ... Di zaman sekarang ini yang berkembang mengikuti salah satunya dalah media sosial, banyak anak remaja yang sangat ingin memperlihatkan gaya hidup yan...
Highest Hope Organisasi Perlindungan HAM Besutan P... Highest Hope Foundation adalah organisasi yang menaungi perlindungan hak asasi manusia (HAM), apa yang mencuri perhatian dunia pendiri orgasasi terseb...