Saturday, May 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berikut Fakta-fakta Penolakan Film Dilan 1991 Di Makassar

Berikut Fakta-fakta Penolakan Film Dilan 1991 Di Makassar

Baru sehari tayang di bioskop, film Dilan 1991 sudah menuai komentar. Salah satunya, penolakan oleh sekelompok mahasiswa Makassar. Penolakan itu bukanlah kasus besar, namun cukup menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, aksi penolakan lewat unjuk rasa itu berlangsung ricuh sampai petugas keamanan harus turun tangan untuk membereskannya.

Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 fakta tentang asi tolak Dilan 1991 yang terjadi di Makassar.

  1. Berlangsung di Salah Satu Bioskop Mal

Sekelompok mahasiswa Makassar berunjuk rasa untuk menolak penayangan film Dilan 1991 di bioskop yang ada di kawasan Panakukang, Makassar, Kamis (28/2).

  1. Berawal dari Orasi

Aksi penolakan itu diawali dengan orasi yang disampaikan dengan menggebu-gebu oleh pemimpin kelompok. Lewat orasi itu, mahasiswa itu meminta pemerintah untuk turun tangan mencekal penayangan film Dilan 1991 di seluruh bioskop yang ada di Indonesia.

  1. Dianggap Merusak Moral Anak Bangsa

Penolakan itu didasari atas anggapan jika film yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prisilla membawa dampak buruk bagi moral anak bangsa. Juga tidak sesuai dengan budaya Bugis Makassar. Salah satunya ialah kekerasan, melawan guru, bahkan adegan ciuman. Mereka juga meminta pemerintah untuk memboikot penayangan film ini.

  1. Berakhir Ricuh

Unjuk rasa yang awalnya berlangsung aman, tiba-tiba menjadi ricuh. 30 menit kemudian aksi saling dorong akhirnya tidak terhindari.

  1. Mengancam akan Terus Memboikot

Setelah berhasil diredam, mahasiswa itu mengancam akan terus memboikot seluruh bioskop yang ada di Makassar sampai menghentikan penayangan film Dilan 1991.

Kesuksesan dari Film Dilan 1991 ini telah mengikuti jejak film sebelumnya Dilan 1990. Bahkan kali ini film Dilan 1991 mampu menembus rekor box office sepanjang masa di hari perdana penayangan, Jumat (1/3/2019).

Dilan 1991 sudah ditonton 800 ribu penonton. Angka ini pun merupakan akumulasi dari jumlah penonton saat premier di Bandung sebesar 80 ribu, dan jumlah penonton di hari pertama tayang, 720 ribu. Sutradara Dilan 1991, Fajar Bustomi melalui akun instagramnya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang begitu besar.

“Alhamdulillah Terimakasih Ya ALLAH. terimakasih juga kepada semua yg terlibat. Semua yang mendukung, semua temen2 wartawan, sponsor, para pemilik dan juga karyawan bioskop. Dan juga semua yang sudah Menonton Film Dilan 1991. Sekarang Yang Laki – Laki mari kita Sholat Jumat sekaligus bersyukur untuk semua atas nikmat dan karunia dari Allah,” tulisnya.

Kesuksesan film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini juga mampu merebut hati banyak pecinta film Tanah Air yang memang sudah bisa diprediksi sebelumnya. Trailer film yang dibintangi Iqbaal Ramadan dan Vanesha Prescilla dirilis di Youtube, Kamis, (17/1/2019), dalam waktu singkat video tersebut ditonton lebih dari 1,5 juta kali.