Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berbagai Pilihan Jus Sebagai Penangkal Haus Saat Berpuasa

Berbagai Pilihan Jus Sebagai Penangkal Haus Saat Berpuasa

Tiga belas jam berpuasa membuat tubuh kita kehilangan banyak cairan. Untuk itu, kita perlu asupan cairan yang cukup untuk membuat tubuh terbebas dari dehidrasi. Nah, alih-alih mengkonsumsi gorengan, sebaiknya kamu beralih ke buah-buahan. Jus buah bisa jadi salah satu alternatif untuk membuat cairan tubuh tetap terjaga. Bisa untuk sahur atau berbuka, berikut adalah pilihan jus untuk menangkal haus saat puasa:

  1. Jus jeruk

Data USDA mengungkap bahwa satu cangkir jeruk mengandung sekitar 156 ml air atau sekitar 88 persen dari beratnya. Kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi juga membuat jus jeruk baik dikonsumsi saat berpuasa. Jus jeruk juga jadi alternatif untuk meluruhkan lemak, apalagi untuk kamu yang sering makan santan dan gorengan.

  1. Jus semangka

Rasanya yang ringan dan segar mampu mengusir dehidrasi. Tak heran, jus semangka jadi pilihan untuk berbuka puasa. Dikutip Healthline, kandungan air dalam buah semangka bisa memperlancar pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Rutin mengkonsumsi jus semangka juga bisa membuat kesehatan kulit dan rambut tetap terjaga.

  1. Jus buah naga

Sebagai buah manis dengan kandungan air yang cukup banyak, jus buah naga menjadi pilihan yang tepat saat puasa. Menurut data yang dirilis USDA Agricultural Research Service, satu buah naga (dengan berat 227 gram) mengandung; 136 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, hingga 7 gram serat. Selain kaya air, buah naga juga bisa mengontrol nafsu makan serta menjaga kesehatan usus.

Selain dibuat menjadi jus, buah ini juga mudah dikreasikan menjadi beragam olahan; seperti es krim atau puding.

  1. Jus tomat

Kandungan air di dalam buah ini bisa mencapai 94 persen. Tak heran, jus tomat jadi pilihan tepat untuk sahur kamu. Selain kaya air, kalori tomat juga terbilang rendah yakni hanya sekitar 32 kkal per cangkirnya. Meskipun demikian, meminum jus tomat bisa membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Jus anggur

Kandungan air dan seratnya tinggi. Segelas jus anggur saat berbuka mampu mempersiapkan sistem pencernaan pada tubuh sebelum mengkonsumsi jenis makanan yang lebih kompleks. Rasanya yang manis juga memberikan gula tambahan setelah 13 jam berpuasa. Kandungan air hingga 82 persen membuat anggur jadi obat terbaik untuk dehidrasi, selain manfaat antioksidannya yang baik untuk tubuh.