Saturday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berbagai Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan Manusia

Berbagai Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan Manusia

Selain sebagai bentuk tanda cinta, belakangan ini bunga mawar kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Sebut saja rose latte, rose cake, hingga rose eclair. Penggunaan mawar dalam beragam produk makanan dan minuman ternyata bukan tanpa alasan. Salah satunya karena bunga yang memiliki wangi mewah dan feminin ini dianggap bermanfaat untuk kesehatan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, manfaat tersebut didapat dari air mawar yang terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini sendiri akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.

Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang ada di dalam air mawar? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Membantu meredakan iritasi kulit

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat dalam merelaksasi kulit. Tak hanya itu, air mawar juga terkenal dengan sifat anti-inflamasinya yang bisa meredakan ruam, iritasi, dan peradangan pada kulit.

  1. Meredakan sakit tenggorokan

Dalam pengobatan tradisional, air mawar kerap digunakan untuk mengobati dan meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan sifat antiseptik dan antibakteri yang ada di dalamnya. Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut perihal manfaat air mawar untuk mengobati sakit tenggorokan.

  1. Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar umumnya digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu meringankan sakit kepala. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan Iranian Journal of Basic Medical Sciences, uap air mawar bisa meredakan dan menenangkan sakit kepala kandungan antidepresan yang ada di dalamnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kompres rendaman air mawar ke kepala selama 45 menit.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, air mawar kerap digunakan dalam membantu mengatasi masalah pencernaan.

Hal tersebut lalu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan 2008 silam. Hasilnya menemukan bahwa air mawar secara positif bisa mempengaruhi pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan. Tak hanya itu, air mawar juga bisa meningkatkan sekresi empedu yang kemudian bisa membantu melancarkan pencernaan.

  1. Meningkatkan mood

Siapa sangka, air mawar juga bisa meningkatkan suasana hati seseorang, lho. Hal ini dikarenakan sifat anti-depresan dan anti-kecemasan yang ada di dalamnya. Menurut sebuah penelitian pada 2011 silam, ekstrak kelopak mawar bisa mengendurkan sistem saraf pusat yang pada akhirnya menghasilkan efek anti-depresan dan anti-ansietas.