Wednesday, August 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berbagai Camilan Untuk Mengembalikan Semangat Kerja Kamu

Berbagai Camilan Untuk Mengembalikan Semangat Kerja Kamu

Setelah merayakan lebaran dan menikmati liburan, kini saatnya kita kembali bekerja. Pasca libur panjang, tubuh dan otak rasanya masih ingin bermalas-malasan, sulit untuk diajak produktif lagi. Supaya semangat tetap membara saat mulai bekerja, kamu bisa coba mengganti camilanmu dengan jenis makanan tertentu, lho. Berbagai makanan dan minuman ini mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan fokus serta energi tubuh. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

  1. Stroberi

Sulit untuk konsentrasi dan fokus bekerja? Cobalah mengkonsumsi stroberi sebagai camilan. Stroberi kaya akan fisetin, komponen flavonoid yang meningkatkan fungsi memori pada otak.

Mengkonsumsi minimal 2 buah stroberi dalam seminggu akan meningkatkan memori jangka panjang kita. Bahkan, sebuah studi dari The Salk Institute for Biological Studies terhadap tikus menemukan bahwa, fisetin tak hanya meningkatkan memori saja. Komponen tersebut juga bisa melindungi syaraf yang mengaktifkan pembelajaran, penyimpanan memori, dan pemrosesan informasi.

  1. Kuaci

Mood memburuk dan tubuh masih mengantuk karena baru tiba dari perjalanan mudik? Makan kuaci sebagai camilan bisa membantumu tetap semangat bekerja. Kuaci kaya akan asam amino tryptophan yang bisa menyingkirkan kantuk. Asam amino ini akan diubah menjadi serotonin, zat otak yang menciptakan rasa bahagia dan meningkatkan energi pada tubuh.

  1. Teh hijau

Alih-alih menyesap kopi, lebih baik ganti suntikan energimu dengan teh hijau. Minuman ini tak hanya mengandung kafein untuk peningkatan produktivitas, namun juga kaya akan nutrisi. Asam amino bernama L-theanine dalam teh hijau, akan meningkatkan fokus dan membantu otak tetap ‘melek’. Selain itu, teh hijau juga kaya akan manfaat lainnya; mulai dari meningkatkan metabolisme, mencerahkan kulit, dan menghancurkan lemak.

  1. Alpukat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology menunjukkan, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi sel otak astrocytes. Sel-sel tersebut berperan melancarkan aliran darah agar kinerja tubuh tetap lancar.

  1. Almond

Tahukah kamu, salah satu penyebab tubuh merasa lemas dan mengantuk adalah kadar gula darah yang rendah. Membuat perut keroncongan, fokus pun jadi buyar. Alhasil, pekerjaan pun jadi terbengkalai.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi kacang almond. Jenis kacang ini, mengandung lemak sehat yang memperlambat penyerapan gula dan karbohidrat oleh tubuh. Dengan begitu, tingkat gula darah dalam tubuh tetap stabil, dan membuat kita tetap fokus sepanjang hari.

  1. Gandum utuh

Karbohidrat kompleks bukan hanya akan membuat kita kenyang lebih lama, tapi juga dapat memperlancar aliran darah ke otak. Gandum utuh mengandung folat dan vitamin B12 yang bisa meningkatkan fokus.

Tanpa adanya asupan B12, sel-sel otak yang bertugas untuk mempelajari dan memahami informasi tak akan berfungsi dengan baik. Kamu bisa mengkonsumsi berbagai jenis gandum utuh; seperti farro, quinoa, atau millet agar tetap semangat dalam bekerja.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate punya segudang nutrisi yang bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja. Kandungan gula dan kafeinnya, akan memberimu cukup energi tanpa merasa lemas setelahnya. Selain itu, dark chocolate juga mengandung magnesium yang bisa membuat pikiran kita lebih rileks dan tenang.