Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berat Badan Naik Drastis, Coba Kenali Penyebab Utamanya

Berat badan naik drastis, ini jelas akan membuat banyak wanita berteriak histeris. Apalagi saat berada di atas timbangan badan yang menunjukkan angka sangat besar, ini bahkan langsung membuat Anda galau dan menyesali pola makan besar selama ini. Terlebih sering makan tidak terkendali di luar jam makan, inilah yang bisa membuat berat badan meningkat.

Selain itu, Anda juga harus tahu penyebab kenapa berat badan bisa mengalami peningkatan tajam. Jangan hanya langsung menerapkan ‘anti makan’ tanpa mengetahui penyebabnya, ini bukan tindakan efektif dan efisien, bahkan bisa membuat Anda sakit. Ada baiknya tahu terlebih dahulu apa yang membuat Anda gemuk, baru mendapatkan solusi tepat.

5 Penyebab Utama Mengalami Kenaikan Berat Badan Drastis

  1. Terlalu Rajin Berolahraga

    Ini memang tindakan yang tepat, dimana bisa memberikan keseimbangan untuk tubuh. Namun untuk wanita tidak disarankan olahraga berat seperti yang dijalani di gym, tetapi lakukan saja olahraga ringan seperti jogging atau melakukan kegiatan di rumah. Ini sudah cukup menjaga berat badan tetap ideal, dimana melakukan olahraga berlebihan akan meningkatkan berat badan.

    Kenapa bisa demikian? Pasalnya ada peningkatan massa otot, karena terlalu rajin berolahraga. Bahkan badan yang kecil bisa berubah menjadi lebih besar, ini memang bisa mengubah lemak dalam tubuh namun berubah menjadi otot. Jika memang ingin membentuk otot dalam tubuh memang tepat, namun harus Anda ketahui setelah olahraga nafsu makan akan meningkat.

    Baca juga : Cewek Pendek Lebih Susah Menurunkan Berat Badan

  2. Datang Bulan

    Anda merasa lebih sering makan dan nafsu makan meningkat jelang masa menstruasi, ini hal normal yang dialami semua wanita. Hal tersebut karena ada dampak perubahan produksi hormon, dimana terjadi penurunan produksi progesterone, hal ini akan membuat berat badan naik drastis, namun akan tetap kembali setelah masa menstruasi selesai.

  3. Setelah Makan Besar

    Anda jangan melakukan cek berat badan setelah makan atau minum di jam makan, biasanya tubuh memang mengalami peningkatan berat badan setelah makan besar. Ini bisa menyusut dengan cepat, setelah makanan di cerna, selain itu jangan membeli pakaian dalam kondisi perut kenyang atau lapar, sehingga tidak bisa mendapatkan ukuran yang tepat.

  4. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asin

    Anda suka dengan menu makanan yang terlalu gurih dan asing, selain kurang bagus untuk gula darah. Anda juga bisa membuat berat badan naik drastis. Hal ini karena garam memiliki sifat untuk mengikat air dalam tubuh, sehingga bisa membuat berat badan mengalami peningkatan, apalagi jika lebih suka konsumsi air putih setiap harinya.

  5. Dalam Masa Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus

    Idealnya saat sakit dan dalam masa recovery akan mengalami penurunan berat badan, namun tidak jika Anda mengalami sakit diabetes, apalagi untuk jenis mellitus. Pasalnya akan mendapatkan suntikan hormon insulin secara bertahap, hal ini akan membuat berat badan naik drastis. Namun ada baiknya untuk mengendalikan kenaikan berat badan dengan konsumsi makanan sehat saja, sehingga tidak perlu mendapatkan suntikan insulin setiap harinya.

Ada banyak sekali penyebab kenapa Anda mengalami berat badan naik drastis, hal ini biasanya terjadi setelah makan besar atau punya kebiasaan buruk makan malam terlambat hingga pukul 10 malam. Ada baiknya di usia di atas 40 tahun, hindari makan malam terlalu berat. Lebih banyak konsumsi, air putih dan buah saja.