Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Berapakah Nilai Instagram Saat Ini Setelah Dibeli Facebook Enam Tahun Yang Lalu

Berapakah Nilai Instagram Saat Ini Setelah Dibeli Facebook Enam Tahun Yang Lalu

Instagram merupakan sebuah perusahaan yang dibuat oleh dua orang bernama Kevin Sytrom dan Mike Krieger pada awalnya. Media sosial yang berbasis foto ini lalu dijual ke Facebook dengan nilai yang mencapai $ 1 miliar atau setara dengan Rp14,9 triliun. Dalam sebuah pernyataannya Sytrom mengungkapkan, “Kami memang telah berencana meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu serta kreativitas yang kami miliki lagi.”

“Membangun hal-hal yang baru mengharuskan kami untuk melangkah mundur, memahami apa yang telah menginspirasi kami dan mencocokkan itu semua dengan apa yang dunia butuhkan, itulah yang kami rencanakan untuk dilakukan.” Dua orang ini mendirikan Instagram pada tahun 2010 sebagai cara bagi orang untuk berfoto dengan teman dan masyarakat lain lalu membagikannya.

Pada awalnya, Instagram dirancang untuk menjadi versi elektronik dari foto-foto instan, yang dihasilkan oleh kamera polaroid. Namun, saat ini aplikasi jejaring sosial berbasis foto telah mulai mengalami pertumbuhan substansial sejak diakuisisi Facebook. Pada tahun 2012 yang lalu, Instagram telah memiliki 30 juta pengguna aktif dan sementara saat ini jumlahnya meningkat menjadi 1 miliar pengguna.

Pertumbuhan yang sangat signifikan ini telah membuat kenaikan saham dengan sangat drastis sekali. Menurut Bloomberg, nilai Instagram saat ini telah mencapai $ 100 miliar atau sekitar Rp1.490 triliun. Masih menurut Bloomberg, hal itu terjadi berkat beberapa selebgram yang mampu menjadikan aplikasi ini sebagai ladang penghasilan yang ditaksir mampu menghasilkan $ 10 milliar atau sekitar Rp149 triliun.

Ketika mengakuisisi Instagram, Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook, mengatakan bahwa Instagram akan dijalankan sebagai perusahaan yang sepenuhnya terpisah dari Facebook. Instagram ┬ádisebut menyalin fitur “Cerita” milik saingannya yaitu Snapchat, yang saat ini terintegrasi pula dengan Facebook. Walau demikian fitur ini justru sukses besar, dan dengan cepat mendapatkan lebih banyak pengguna dibandingkan dengan layanan Snapchat. Dari Instagram saja, kekayaan Mark Zuckerberg disebut telah bertambah $ 1,7 milliar atau sekitar 25 triliun rupiah.

Instagram pun ada kemungkinan nilainya akan terus naik dalam beberapa tahun ke depan karena menjadi sosial media paling sering digunakan oleh masyarakat setiap harinya selain Youtube. Walaupun begitu, Instagram tetap harus terus berkembang seiring berjalannya waktu, karena banyak media sosial lain yang sempat booming lalu mulai ditinggalkan oleh para penggunanya karena ada saingan baru yang lebih menarik dan lebih baik dalam fitur-fitur yang digunakan.