Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bentuk Stadion Di Qatar Ini Banyak Dikritik Oleh Netizen

Bentuk Stadion Di Qatar Ini Banyak Dikritik Oleh Netizen

Sebuah stadion yang baru selesai dibangun di Qatar menjadi perbincangan di media sosial karena desainnya dianggap seperti vagina. Al Wakrah Stadium merupakan stadion teranyar Qatar yang dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2022 mendatang. Stadion berkapasitas 40 ribu kursi ini akan menjadi tempat pertandingan perempat final pada hajatan terbesar sepakbola tersebut.

Stadion ini didesain oleh arsitek blasteran Inggris-Irak Dame Zaha Hadid yang meninggal pada 2016 lalu akibat serangan jantung. Dame yang merencanakan desain ini sejak 2013 menyebut model stadion ini terinspirasi dari bentuk perahu dhow, perahu tradisional Timur Tengah untuk menangkap ikan.

Sejak pertama kali desain ini dipamerkan, sebenarnya warga Qatar sudah berkomentar menyebutkan bahwa desainnya seperti vagina, namun Dame tetap mewujudkannya dan pembicaraan mengenai stadion vagina ramai kembali setelah stadion ini selesai dibangun.

Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, salah satu stadion telah menjadi sorotan para pencinta sepak bola karena bentuknya yang mirip vagina raksasa. Adalah Stadion bernama Al Wakrah yang dirancang oleh arsitek berdarah Inggris-Irak, Dame Zaha Hadid. Dame Zaha yang merupakan perancang stadion tersebut sudah meninggal dunia karena serangan jantung pada 2016.

Sebelumnya, ia juga pernah mengatakan bahwa desain Al Wakrah terinspirasi dari bentuk perahu tradisional di Arab. Namun ketika gambar proyek ini dirilis pada tahun 2013 yang lalu, orang-orang ramai membicarakan bentuknya. Alih-alih seperti perahu tradisional Arab, desain stadion itu malah disebut seperti vagina raksasa karena lubang di tengahnya.

“Sangat memalukan mereka membicarakan hal seperti itu. Apakah semua yang berlubang itu pasti vagina? Itu konyol,” ujar Zaha kepada Time. Hadid menambahkan, apabila desain tersebut dibuat oleh seorang pria, kritik yang mengatakan Stadion Al Wakrah mirip vagina raksasa tidak akan pernah ada.

Meski dikritik karena bentuknya, stadion Al Wakrah ini memiliki teknologi yang canggih. Salah satunya adalah fitur pendingin yang bisa membuat suhu di dalam stadion turun menjadi 20 derajat celcius. Hal itu dilakukan karena di Qatar sendiri diketahui memiliki suhu ekstrem yang bisa melebihi 40 derajat celcius. Sebagai tambahan informasi, stadion Al Wakrah ini akan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar hingga babak perempatfinal.