Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Belajar Bahasa Inggris, Kapan Waktu Tepat Anak Memulainya?

Belajar bahasa Inggris sejak usia dini memang sangat menguntungkan, apalagi anak-anak memiliki daya tangkap yang sangat cepat dan hebat. Masa belajar yang paling optimal adalah usia 1 hingga 5 tahun, ini waktunya otak berkembang sempurna. Jika memasukkan bahasa asing apakah ini membuat anak menjadi bingung atau bosan? Hal ini sangat salah, pasalnya memperkenalkan bahasa sejak kecil akan membuat anak mendapatkan dua bahasa ibu.

Jika melihat kurikulum yang tetapkan oleh sekolah  berbasis internasional, bahasa Inggris memang jadi matapejaran umum yang diberikan bersama dengan matapelajaran lainnya, bahkan mendapatkan porsi yang sama. Dimana anak akan diminta untuk berbahasa Inggris pada hari tertentu, ini bukan sekadar pembelajaran namun penerapan secara langsung.

Bahkan untuk program bahasa Inggris di mulai dari bangku sekolah taman kanak-kanak, apakah belajar bahasa Inggris sejak dini sangat penting? Ini merupakan bahasa internasional, sehingga banyak orang tua harus memikirkan masa depan jauh untuk anak. Jangan hanya memikirkan jangka dekat saja, pasalnya ada banyak mimpi yang bisa di gapai pada masa depan.

Jangan khawatir, jika anak mulai mengenal bahasa asing akan kehilangan bahasa ibu, biasanya bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Ini tidak akan terjadi, pasalnya anak akan lebih lama berada di rumah dan menggunakan bahasa ibu lebih banyak diterapkan, bahkan untuk teman-temannya. Bahasa Inggris hanya pengantar dan digunakan pada hari khusus saja sehingga tidak akan mendominasi, namun membuat anak bisa berbahasa dengan baik.

Baca juga : Anak Betah Di Rumah, Ikuti Tipsnya Agar Tidak Selalu Pergi Ke Luar

Bahkan kini semakin banyak negara yang sadar pentingnya mengajarkan bahasa asing, apalagi bahasa internasional seperti bahasa Inggris lebih cepat pada anak. Sehingga beberapa sekolah bertaraf internasional di Indonesia, kini sudah menerapkan program bilingual seperti di Cambridge Internasional. Bahkan menjadi sekolah bilingual terbesar di ASIA dengan jumlah mencapai 192 sekolah, ini lebih banyak dari Singapura, Malaysia dan Thailand.

Semakin banyak sekolah bertaraf internasional di Indonesia, malahan mendukung belajar bahasa Inggris sejak dini, ini tentu mengubah mitos yang berkembang sebelumnya. Dimana banyak bahasa akan membuat anak bingung dan menghambat perkembangan, menguasai lebih dari satu bahasa sejak dini akan sangat mudah, jika dibandingkan belajar bahasa setelah dewasa.

Hal ini tentu saja menjadi pembuka masa depan yang lebih baik, bahkan mengubah dan melupakan mitos tentang bilingual akan menghambat perkembangan anak. Sudah jelas, pemberian program lebih dari satu bahasa (bilingual) tidak akan menghambat pembelajaran anak di sekolah, malahan akan memberikan banyak tantangan baru.

Program bilingual tidak akan membuat anak mencampurkan semua bahasa dalam keseharian, namun sering kali menyisipkan agar terlihat simple. Ini bukan hanya keren, namun sudah menjadi trend sekarang, tetapi jika memang harus berbahasa asing mereka akan menerapkan dengan benar, tanpa mencampuradukkan.

Jadi semua orang tua kembali bertanya, kapan belajar bahasa Inggris yang tepat untuk anak, sekarang atau nanti. Pembelajaran terbaik di mulai di rumah, peran serta orang tua sangat tepat dan memberikan yang terbaik untuk anak. Ini tentu akan melahirkan generasi emas yang lebih baik, bahkan bisa memberikan banyak keuntungan bagi negara karena masa depan akan berada di tangan yang tepat.

Related Post

Harus Segera Hindari ! Tanda Wanita Mudah Terseran... Selalu ada tekanan yang Anda hadapi setiap harinya, mulai dari kehidupan sosial dengan keluarga dan teman, belum lagi tekanan pekerjaan di kantor ba...
Pengen Sahur Pakai Wedang Jahe? Tetap Sehat Kok Sa... Sahur memang jadi hal wajib selama bulan ramadan, ini akan membuat tubuh kuat berpuasa seharian bahkan dengan aktivitas harian yang penuh. Namun terka...
Cara Aneh Menumbuhkan Rambut Secara Instan Cara aneh kini digunakan untuk mengatasi masalah rambut, pasalnya kerontokan yang terjadi sudah tidak normal lagi dan berpotensi menuju kebotakan. Pad...
Mau Cepat Hamil? Rajin Makan Ikan ! Banyak pasangan baru yang mengkonsumsi tauge untuk menambah kesuburan, namun belum juga di karunia anak hingga menjelang satu tahun pernikahan. Ad...

One Comment

Comments are closed.