Thursday, April 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bekal Sekolah Kembali Tak Dihabiskan, Atasi Ini Dengan Cara Cerdas!

Bekal sekolah anak kembali tidak dihabiskan, ini membuat banyak ibu gemas dan merasa penasaran apa yang diinginkan anak. Memang banyak ibu sengaja membawakan bekal makan untuk ke sekolah, tujuannya agar anak tidak jajan sembarangan dan nantinya bisa sakit. Setidaknya jika membawa bekal dari rumah, sudah dipastikan kebersihan dan kandungan gizinya cukup.

Padahal sudah mencoba memberikan menu yang beragam dan tampilan menarik, tujuannya untuk membuat anak tertarik. Namun masih saja bekal terlihat ada sisa atau masih sebagian, pasti anak enggan untuk makan karena melihat teman-temannya tidak membawa bekal. Bahkan ada sebagian besar anak yang malu masih mendapatkan bekal dari orang tua.

Apalagi anak usia 4 hingga 10 tahun dalam masa perkembangan emas, dimana semua nutrisi dan vitamin harus terpenuhi dengan baik agar bisa tumbuh pesat dan tidak ketinggalan dengan teman-teman lainnya. Namun bagaimana bisa tubuh mendapatkan semua nutrisi penting tersebut, jika anak enggan makan jenis makanan yang menyehatkan.

Banyak anak yang enggan makan sayur, bahkan langsung menutup mulutnya rapat-rapat. Setelah memasuki usia 7 tahun, sudah tidak mempan lagi di bujuk dengan hadiah. Bagaimana cara mengatasinya? Apalagi jika bekal sekolah masih saja tersisa bahkan terkadang di temukan dalam kondisi penuh dan tidak disentuh sama sekali.

3 Cara Mudah Agar Anak Mau Menghabiskan Bekal Sekolah Dengan Senang Hati

  1. Bawakan Bekal Makanan Yang Disukainya

    Ibu tentu tahu apa makanan favorit putra putrinya, sehingga bisa membuat bekal sekolah sesuai menu kesukaan sehingga anak tidak akan keberatan menghabiskan di sekolah. Bahkan tidak jarang akan membuat ‘request’ menu untuk bekal keesokan harinya, namun jika anak tidak terlihat antusias, tidak ada salahnya orang tua yang pro aktif untuk bertanya ‘besok mau dibikinin apa untuk bekal’, setidaknya anak akan bertanggung jawab untuk menghabiskan bekalnya.

    Baca juga : Anak Takut Keramas, Ini Cara Atasi Paling Mudah Tanpa Menangis

  2. Buat Menu Bekal Bervariasi

    Sudah bukan rahasia lagi, jika anak-anak sangat mudah bosan. Apalagi untuk urusan makan, jika masih menemukan sayur di meja makan, maka akan menurunkan selera makan. Akibatnya asupan makanan berkurang dan tubuh tidak akan bisa berkembang maksimal.

    Ibu harus pintar dalam mencari menu baru untuk bekal, namun masih dalam satu rumusan ‘makanan kesukaan anak’. Variasi menu yang cukup beragam bisa jadi akan membuat nafsu makan meningkat, apalagi saat menghadapi ujian, biasanya anak akan susah makan karena takut menghadapi ujian. Jangan sampai tidak mendapatkan hasil maksimal karena kondisi sedang lemah.

  3. Buat Bekal Sesuai Kebutuhan Anak

    Anda ada baiknya tahu apa jadwal anak dalam sepekan, kapan waktu olahraga, santai atau hanya berada di kelas saja. Sesuaikan dengan bekal makanan yang akan di bawa nantinya, jika memang ada kelas olahraga atau kegiatan di luar kelas, maka bawakan bekal agak berat. Karena sudah pasti energinya akan terkuras, namun saat santai bawakan makanan manis, ini akan jadi camilan yang menyenangkan di makan saat jam istirahat.

Bukan hal sulit bukan untuk memastikan anak makan bekal sekolah setiap harinya, ini akan mendukung tumbuh kembang di masa keemasan. Apalagi jika dalam cuaca yang tidak bersahabat, sudah pasti teman-temannya akan mudah sakit karena tidak dijaga asupan makanan dari rumah. Lindungi buah hati dengan konsumsi makanan sehat dan jaga pola istirahat di rumah agar tidak terlalu banyak main.