Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beginilah Siklus Sepakbola Borussia Dortmund Yang Mencengangkan

Beginilah Siklus Sepakbola Borussia Dortmund Yang Mencengangkan

Siapa sih diantara kalian yang tak tahu dengan klub asal Jerman yaitu Dortmund, yup klub yang saat ini tengah garang-garangnya di liga Jerman ini memang dikenal sebagai klub yang tak pernah kehabisan pemain bintang, setiap ada pemain bintang baru di klub mereka tak jarang langsung jadi incaran klub lain dan pastinya harga yang dibanderol pun tak main-main.

Kabar terbaru yang dilansir penulis dalam laman bola.net (2/1/2019), terbaru adalah mengenai kesepakatan antara chelsea dan dortmund tentang transfer pemain mereka yaitu Christian Pulisic, dimana akan untuk mendapatkan jasa Pulisic chelsea harus membayar dengan harga fantastis sebesar 64 juta Euro, padahal dortmund mendapatkan Pulisic gratis karena berasal dari akademi mereka sendiri.

Tak hanya Pulisic saja, yup Dortmund ternyata sudah banyak sekali menjual para pemain bintang mereka ke berbagai klub lain dengan harga fantastis, dan yang paling fenomenal adalah transfer pemain muda mereka Ousmane Dembele ke barcelona yang membuat pundi-pundi dana klub mereka bertambah besar, yup Dembele dibeli barca dengan mahar 115 juta Euro, dan dari semua pemain yang dijual tersebut Dortmund hanya mengeluarkan dana yang bisa dikatakan sedikit dan menjual pemainnya dengan harga fantastis, menang banyak banget ya dortmund ini.

Lalu strategi apa yang digunakan dortmund hingga bisa menjual pemain mereka dengan harga tinggi tersebut? Yup dilansir dalam laman panditfootball.com (27/12/2018), dortmund memang tak pernah takut memasang para pemain muda dalam skuat mereka, dan bahkan mereka juga tak segan berinvestasi membeli pemain muda yang dirasa mereka akan cocok dengan skema permainan mereka.

Dan berikut adalah skema sederhana dari logika sepak bola yang diterapkan oleh dortmund :

  1. Berinvestasi membeli pemain muda yang berpotensi
  2. Melatih mereka sesuai dengan skema permainan yang dimiliki klub
  3. Memberi mereka jam terbang lebih dalam bertanding
  4. Potensi pemain muda akan tumbuh seiring dengan jumlah pertandingan yang signifikan, dan ini akan membuat mereka dilirik oleh banyak klub lain
  5. Jual dengan harga tinggi ke klub lain
  6. Kembali ke nomor 1

Bagaimana pendapat kalian setelah melihat cara dortmund dalam memanajemen klubnya diatas? Yup pastinya kalian juga sepakat kalau mereka memang sangat profesional dalam mengolah talenta muda yang awalnya tak dilirik klub manapun menjadi aset yang berharga baik bagi klub maupun klub lain yang berniat membeli mereka ya, nah menurut kalian ada lagi gak nih klub lain yang memiliki manajemen semantap milik dortmund?