Wednesday, August 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beginilah Perbedaan Orang Pintar Dengan Orang Sok Tahu

Beginilah Perbedaan Orang Pintar Dengan Orang Sok Tahu

Kita pasti kelilingi oleh orang-orang yang punya banyak karakter. Gak semua orang itu baik, maka dari itu kamu harus membekali diri dengan ilmu identifikasi supaya bisa memilah mana orang baik dan yang enggak di lingkup pergaulan. Di artikel ini kamu akan mengetahui 7 perbedaan nyata antara orang yang pintar dan mereka yang cuma sok tahu. Seperti apa saja bedanya?

  1. Orang pintar itu cenderung diam

Seperti ilmu padi yang makin berisi maka makin merunduk, orang yang memang dasarnya pintar akan diam saja. Mereka gak akan dengan sengaja pamer kepintaran. Berbeda dengan orang yang sok tahu. Orang golongan ini justru hobi sekali pamer keunggulan di depan banyak orang. Mereka bakal puas ketika diakui kepintarannya.

  1. Pintar membuat mereka tidak suka menggurui orang lain

Karena memang dasarnya sudah pintar, orang ini gak suka menggurui orang lain karena mereka merasa masih kurang dan harus terus berbenah diri. Hal ini tentu memang berbeda dengan orang yang sok tahu. Orang yang sok tahu justru senang menggurui orang di sekitarnya. Mereka bakal mendapat kepuasaan tersendiri dari hobinya satu ini.

  1. Kebanyakan orang yang pintar itu baru menjawab kalau ditanya

Orang pintar itu memang gak suka pamer keunggulan. Bahkan, mereka ini baru menjawab jika ditanya. Berbeda 180 derajat dengan orang yang sok pintar. Orang sok pintar justru cenderung ikut campur karena gemar memberi tahu orang lain tanpa ditanya.

  1. Orang pintar itu memang tidak pernah ngotot untuk membuktikan kecerdasannya

Mereka yang pintar cenderung santai. Mereka gak pernah ngotot demi mempertahankan opininya. Bahkan, mereka selalu terbuka dengan kritik dan saran. Hal ini justru sangat berbeda dengan orang sok tahu yang cenderung ngotot bahkan gak menerima kritik karena ingin membuktikan kepintarannya.

  1. Orang pintar akan selalu merasa kurang dan ingin terus belajar

Orang yang pintar itu gak pernah merasa pintar. Justru mereka itu selalu merasa kurang dan masih harus banyak belajar. Pasalnya mereka percaya bahwa di atas langit masih ada langit. Nah, berbeda sekali dengan orang sok tahu. Mereka merasa sudah paling di atas orang lain memiliki kepintaran di bawah mereka.

  1. Mereka yang sudah pintar selalu introspeksi diri dan siap menerima ilmu baru

Sesungguhnya orang yang pintar itu selalu introspeksi diri. Mereka berusaha menghindari rasa sombong dan siap menyerap ilmu baru dari lingkungan sekitarnya. Hal ini berbeda dengan orang yang sok tahu. Mereka yang sok tahu justru cenderung sering ngotot dan gak mau menerima ilmu baru. Ibaratnya, orang ini sudah merasa paling benar sendiri.

  1. Orang pintar gak pernah menunjukkan pencapaiannya

Bukti utama orang pintar dan sok tahu bisa dilihat dari sini. Orang pintar itu gak pernah menunjukkan pencapaiannya. Mereka merasa bahwa pencapaiannya ini belum seberapa karena masih banyak orang yang jauh lebih hebat di luar sana.

Berbeda dengan orang yang sok tahu yang gemar sekali menggarisbawahi prestasinya. Pasalnya, mereka sering menggunakan prestasi yang pernah diraihnya sebagai cara untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Bisa dikatakan orang sok tahu juga haus akan pujian.