Saturday, May 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beginilah Cara Nonton Hemat Di Youtube Untuk HP Android

Beginilah Cara Nonton Hemat Di Youtube Untuk HP Android

YouTube menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Situs berbagi video ini memiliki segudang konten menarik dengan berbagai tema sesuai yang disukai pengguna. Beberapa dari pengguna mungkin tidak sadar berapa kuota yang dihabiskan dengan menonton terus-menerus.

Agar tidak mudah kehabisan kuota internet anda saat sedang menonton YouTube, di sini kami akan memberikan beberapa tips trik yang bisa dicoba, terutama untuk aplikasi YouTube Android.

Pertama-tama buka aplikasi YouTube yang terinstall di smartphone. Klik tombol akun di pojok kanan atas dan pilih menu Setting kemudian pilih General. Selanjutnya silahkan aktifkan menu Limit mobile data usage agar tidak otomatis memutar video dalam resolusi tinggi (HD) saat streaming dengan paket data.

hemat-kuota-youtube

Untuk cara yang kedua adalah dengan mendownload videonya langsung dari aplikasi official YouTube Android. Pilih salah satu video yang kalian suka, klik tombol titik tiga di sebelahnya dan pilih Download. Saat muncul jendela baru, tentukan resolusi videonya.

Jangan lupa juga untuk mengatur video yang di download menjadi WiFi only agar bisa hemat kuota. Pengaturan ini bisa ditemukan langsung pada menu Setting > Download. Itulah cara yang sangat mudah untuk menghemat kuota internet saat menggunakan aplikasi YouTube Android. Agar lebih berhemat lagi, cukup mengunjungi suatu tempat dan menggunakan jaringan WiFinya.

Ada beberapa aplikasi untuk smartphone yang berfungsi untuk menghemat pemakaian kuota internet. Salah satunya Opera Max yang bisa mengatur penggunaan kuota internet selama menonton video secara online. Opera Max bisa menghemat data hingga 60 persen saat menonton video di YouTube. Aplikasi ini juga mencatat setiap kapasitas daya yang sudah dihemat. Opera Max menggunakan algoritma dan perangkat lunak untuk mengkompresi data pada berbagai konten, seperti teks, video, foto. Sehingga ini memungkinkan tidak boros kuota internet.

Cara mudah lainnya yaitu dengan menetapkan batasan kapasitas kuota data internet yang ingin digunakan. Di smartphone Android, pengguna dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu Settings lalu pilih Penggunaan Data, selanjutnya aktifkan menu “alert me about data usage”. Dengan begitu kamu akan mendapat notifikasi mengenai berapa banyak kuota data internet yang sudah digunakan.

Sedangkan untuk melihat seberapa banyak data seluler yang telah Anda gunakan pada platform iOS, buka Pengaturan, kemudian ketuk Seluler atau Data Seluler. Jika Anda menggunakan iPad, maka Anda dapat melihat Pengaturan > Data Seluler. Pada menu ini Anda dapat menentukan aplikasi mana yang diperlukan untuk penggunaan data.