Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beginilah Cara Merawat Celana Jeans Yang Benar

Beginilah Cara Merawat Celana Jeans Yang Benar

Setiap orang pasti sudah memiliki setidaknya satu celana jeans atau jins. Celana jins seringkali menjadi andalan karena bisa dipadukan dengan berbagai jenis busana dan bisa digunakan di berbagai kesempatan. Namun, karena terlalu sering digunakan, jins terkadang cepat belel atau mengalami perubahan bentuk dan ukuran.

Hal itu salah satunya adalah karena kurangnya pengetahuan soal perawatan jins. Padahal, perawatan jins itu sebetulnya tidak terlalu ribet dan sulit, lho! Setidaknya, ada lima tahapan yang bisa kita ikuti.

  1. Melenturkan jins (break in)

Untuk bisa dicuci, maka kamu harus memastikan jins sudah melalui tahap break in, atau proses dimana tekstur denim lebih lentur karena digunakan lebih sering. Namun, hal ini bergantung pada gaya hidup masing-masing orang. Jins yang dipakai orang yang aktif tentunya akan menjadi beda dengan jins milik orang yang sehari-hari hanya duduk di balik meja. Untuk lebih aman, tunggu hingga enam bulan. Setelah itu, warna dan juga tekstur jins akan berada dalam keadaan sempurna untuk pencucian pertama.

  1. Cara penyimpanan denim

Hindari menyimpan jins dengan cara dilipat. Melipat jins, atau lebih buruk lagi sekadar melemparnya ke sudut ruangan, akan membuatnya kusut di bagian-bagian yang tidak seharusnya. Gantunglah jins di bagian lingkar ikat pinggang sehingga bentuk jins akan cenderung lebih awet. Jins juga akan menjadi lebih keren jika diangin-anginkan setelah dipakai.

  1. Mencuci denim

Jangan terlalu terburu-buru mencuci denim. Tapi, kamu jangan khawatir pula untuk mencucinya ketika sudah dibutuhkan. Tidak peduli seberapa bagus pun tampilannya, cucilah jins bila mulai berbau. Sebab tidak akan ada orang yang akan kagum dengan penampilanmu jika jinsmu itu berbau tak sedap. Cucilah bagian luar dan juga dalam jins kemudian rendamlah di air dingin menggunakan deterjen, terpisah dari pakaian lain. Cara ini sangat tepat untuk mempertahankan warna jins dan menghindari kerutan yang tidak diinginkan. Jika kamu masih khawatir dengan warnanya, lakukan lah cuci kering alias dry clean.

  1. Mengeringkan denim

Cukup keringkan denim dengan diangin-anginkan. Jangan keringkan jins dengan pengering. Udara yang cukup panas juga akan menyebabkan penyusutan pada jins. Mengeringkannya secara alami tidak akan mengubah bentuk jins. Setelah mencucinya, coba ratakan jeans dengan tangan sehingga tak akan ada lagi kerutan. Kemudian, gantung di tempat sejuk yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari itu bisa membuat warna jins menjadi belel.

  1. Memperbaiki

Perbaiki bagian jeans yang rusak sejak dini. Hal ini memang perlu dilakukan agar “luka” pada jins tidak semakin parah. Ketika melihat bagian yang sudah compang-camping di garis jahitan atau selangkangan. Sebelum semakin rusak, pastikan bagian tersebut diperbaiki. Penting sekali bagi kita untuk menguasai sedikit teknik dasar menjahit untuk memperbaiki jeans kita yang rusak, robek, atau berlubang agar tetap natural seperti baru.