Monday, October 14Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beginilah Cara Menghadapi Pacar Yang Cemburuan

Beginilah Cara Menghadapi Pacar Yang Cemburuan

Pada takaran tertentu, cemburu bisa menjadi bumbu indah bagi hubungan sepasang kekasih. Namun kalau sampai berlebihan, cemburu bisa jadi racun yang membahayakan. Ada yang punya pacar cemburuan? Demi kemaslahatan berdua, coba atasi dengan beberapa tips berikut ini.

  1. Tetap tenang, jangan ikut emosi, dan tetap gunakan logika saat menghadapi kecemburuan dia

Dia pasti punya alasan untuk cemburu. Tanggapi saja dengan tenang, apalagi kalau memang menurutmu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kalau kamunya emosi, dijamin dia makin curiga karena kamu dianggap berperilaku defensif.

Tanya baik-baik kenapa dia cemburu. Kalau jawabannya tidak konkret atau malah terkesan mengada-ada, berikan dia jawaban diplomatis dan terangkan bahwa kecemburuannya itu tidak logis. “Dia itu enggak ada apa-apanya dibandingin kamu. Gitu aja kok cemburu.”

  1. Kalau bisa, hindari sumber kecemburuannya

Kamu pasti tahu apa saja yang biasanya bikin dia cemburu, sahabat cowokmu atau teman lelaki di kantormu. Ibu bukan berarti kamu harus langsung memutuskan hubungan dan komunikasi. Cukup jangan terlalu sering chat atau menghabiskan waktu berdua.

Cuma kalau memang tidak mungkin, ya jangan dipaksakan juga. Misalnya pacarmu enggak suka dengan semua lelaki di kantormu lalu memintamu resign dan pindah kerja. Duh, cinta boleh. Tapi mesti tetap logis juga kan?

  1. Bersikap terbuka dengan pasangan

Si pencemburu biasanya gampang curiga dan cenderung posesif. Dia juga sering merasa insecure, suka berspekulasi tentang hal-hal yang bikin dia makin cemburu sendiri. Bersikaplah terbuka dengannya, sebisa mungkin tidak ada yang ditutup-tutupi, kecuali hal-hal yang sifatnya memang sangat privasi.

Kalau dia mengetahui semua aktivitas dan kegiatannya, setidaknya itu akan membuat dia lebih sedikit punya alasan untuk curiga dan cemburu.

  1. Ingatkan dia kalau kecemburuannya sudah keterlaluan

Cepat atau lambat, akan ada saatnya kamu merasa kalau kecemburuannya sudah diluar batas. Kalau kamu sudah tidak tahan dengan segala prasangka buruknya, kamu boleh mengingatkannya demi kebaikan hubungan kalian.

Dia perlu tahu kalau sikapnya selama ini salah. Kamu sudah sebisa mungkin mencoba memahami dan mengalah. Jika ingin hubungan kalian tetap baik-baik saja, minta dia introspeksi dan belajar untuk lebih mengendalikan rasa cemburunya. Tapi ingat, kamu harus tetap tenang saat membicarakan perkara sensitif ini.

  1. Pikirkan kembali kelanjutan hubungan kalian

Jika semua hal sudah kamu lakukan tapi dia masih saja cemburuan, maka ada baiknya kalian break dulu. Beri kesempatan pacarmu untuk introspeksi dan berubah. Kamu sendiri juga perlu mempertimbangkan kembali, apa yang sekiranya masih bisa dijadikan alasan untuk mempertahankan hubungan kalian.

Jika memang kamu sudah lelah terus-terusan bertengkar karena saking seringnya dia cemburu, mungkin sudah saatnya kamu berhenti. Kamu berhak mengakhiri hubungan yang tidak sehat seperti itu.