Wednesday, August 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Begini Caranya Hindari Makan Berlebihan Saat Berpuasa

Begini Caranya Hindari Makan Berlebihan Saat Berpuasa

Saat puasa, seringkali terbesit rasa ingin menyantap makanan apapun yang ada di depan kita. Apalagi bulan Ramadhan juga identik dengan aneka sajian khas yang menggugah selera. Tapi menyantap banyak hidangan sekaligus sebenarnya tidak bagi bagi tubuh. Kebiasaan makan berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas hingga penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tak ingin kan, ibadah puasa terganggu akibat kebiasaan kurang sehat ini? Berikut tips mencegah makan berlebih saat puasa:

  1. Perbanyak serat saat sahur

Asupan sahur akan menentukan ketahanan tubuh agar bisa menahan lapar. Jadi sebaiknya santap hidangan tinggi serat sebagai menu utama saat sahur. Makanan tinggi serat seperti gandum, sayur, dan buah bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Otomatis akan mengurangi keinginan ‘balas dendam’ dengan menyantap banyak makanan saat berbuka puasa.

  1. Santap makanan tinggi protein dan lemak

Selain serat, jangan lupakan pentingnya peran protein untuk menurunkan keinginan makan berlebih. Jurnal dari Department of Nutritional Sciences, University of Connecticut tahun 2017 mengemukakan bahwa hidangan tinggi protein seperti telur bisa menurunkan kadar hormon ghrelin —hormon penyebab lapar.

Lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun juga bisa mengurangi keinginan makan dalam jumlah banyak.

  1. Jangan terpaku pada makanan favorit

Hidangan favorit Ramadhan seperti bubur candil hingga kolak memang menggugah selera. Tapi sebaiknya kombinasikan dengan sajian bernutrisi lainnya seperti buah-buahan. Buah segar mengandung glukosa sebagai penambah energi dan serat yang bisa melancarkan pencernaan. Sebagian besar buah juga rendah kalori, jadi cocok untuk menjaga berat badan selama puasa.

  1. Jangan makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat akan membuat rasa lapar datang lebih cepat. Jadi, sebaiknya gunakan metode mindful eating atau metode makan dengan melibatkan seluruh panca indera. Kunyah perlahan makanan sambil nikmati aroma dan teksturnya. Menurut jurnal dari Harbin Medical University, China, yang diterbitkan US National Library of Medicine, berkonsentrasi penuh pada hidangan yang disantap efektif mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

  1. Jangan terlalu banyak minum manis

Sebaiknya ganti minuman manis dengan segelas air putih saat berbuka puasa. Tak hanya menambah kadar gula dalam darah, gula juga bisa membuat perut lebih mudah keroncongan. Menurut Jurnal The Impact of Water Intake on Energy Intake and Weight Status dari PubMed Central, seseorang yang mengkonsumsi minuman tinggi gula menghabiskan 7,8 persen lebih banyak makanan dibandingkan orang yang minum air putih.