Wednesday, January 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Begini Caranya Deteksi Ada Tidaknya Kamera Tersembunyi Dalam Toilet

Begini Caranya Deteksi Ada Tidaknya Kamera Tersembunyi Dalam Toilet

Meski sudah sejak lama dilarang, namun kasus pemasangan kamera tersembunyi seolah nggak pernah ada habisnya. Tidak hanya orang iseng, bahkan terkadang ada beberapa penginapan nakal yang dengan sengaja memasang kamera tersembunyi di area kamar tidur dan kamar mandinya. Belum tahu apa motifnya, namun yang jelas hal ini tentu akan merugikan pengunjung yang menginap di kamar tersebut.

Nah, supaya terhindar dari hal yang nggak diinginkan akibat pemasangan kamera tersembunyi, penting buatmu untuk mendeteksinya dengan cara-cara berikut. Demi kenyamanan dan juga privasimu, selalu lakukan saat menginap di hotel, ya. Berikut ini beberapa cara untuk mendeteksi ada tidaknya kamera tersembunyi.

  1. Cek area yang mencurigakan

Cari secara fisik, maksudnya adalah dengan manfaatkan panca indera kita. Dengarkan apakah ada suara bising atau buzz, klik, dan sejenisnya. Pencarian pada malam hari atau saat suasana sedang sepi biasanya lebih memudahkan.

Selain itu perhatikan sekeliling. Smoke detector bahkan bisa jadi tempat untuk meletakkan kamera atau microphone tersembunyi. Biasanya akan mudah menemukan apakah ada microphone atau kamera yang tersembunyi. Kadang juga disembunyikan pada benda mencurigakan dan berkaca, pastikan adakah benda yang memiliki permukaan kaca atau bahkan lensa.

  1. Adakah sinar-sinar?

Cahaya akan memantul dari perangkat atau lensa yang terpasang pada kamera, sehingga lebih mudah untuk diperhatikan. Setelah kamu mengidentifikasi, lihat lebih dekat objek tersebut untuk memastikan apakah itu mungkin sebuah kamera. Beberapa objek reflektif akan mengeluarkan cahaya pada kamera tersembunyi.

  1. Gunakan smartphone

Gunakan kamera digital atau smartphone untuk mencari infrared. Sebagian besar ponsel dan kamera digital dapat melihat cahaya inframerah yang tidak terlihat oleh mata manusia, dan yang dapat digunakan oleh kamera tersembunyi. Pindai kamera Anda di sekitar ruangan dan lihat melalui layar untuk mencari sumber cahaya atau kilatan tak terduga, yang mungkin mengarah ke kamera tersembunyi.

Baca juga :

 

  1. Perhatikan WiFi

Cari sinyal WiFi yang aneh di ponsel atau pun perangkat lain. Beberapa kamera dan juga mikrofon modern akan mengirimkan data melalui internet. Yang artinya mereka dapat diakses dari hampir di mana saja. Namun, ada juga yang membutuhkan sinyal Wi-Fi untuk mentrasnfer karena itu perhatikan apakah ada WiFi yang mencurigakan.