Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Begini Caranya Atasi Caffeine Crash Karena Minum Kopi

Begini Caranya Atasi Caffeine Crash Karena Minum Kopi

Minum kopi diklaim dapat meningkatkan energi dan konsentrasi seketika. Tak heran, banyak orang yang mengonsumsinya demi mendapat lonjakan tenaga atau mengusir kantuk dalam waktu singkat. Sayangnya, efek tersebut tak berlangsung lama.

Berdasarkan American Academy of Sleep Medicine, puncak efek dari kafein hanya terjadi dalam 30 – 60 menit setelah waktu konsumsi. Setelahnya, energi akan turun perlahan, dan menyebabkan tubuh lemas —bahkan lebih buruk dari sebelum minum kopi. Istilah populernya, caffeine crash. Imbasnya, produktivitas jadi menurun, beraktivitas pun tak nyaman. Tenang saja, ada sederet tips yang bisa kamu coba untuk memulihkan tubuh dari caffeine crash. Berikut ulasannya:

  1. Minum banyak air

Salah satu cara termudah untuk mengatasi lemas karena caffeine crash adalah mengonsumsi air putih. Minum air dalam jumlah banyak akan membantu mengeluarkan kadar kafein dari sistem tubuh. Selain itu, air juga dapat menyegarkan dan meningkatkan energi kita tanpa menimbulkan efek samping.

Oleh karena itu, usahakan memperbanyak asupan air setelah minum kopi, setidaknya setara dengan jumlah kopi yang kita minum.

  1. Santap makanan kaya protein

Menurut nutrisionis, Keri Glassman, MS, RD, CDN, ketika kita merasa lemas setelah minum kopi, itu artinya tubuh kita memerlukan makanan yang lebih bernutrisi. Bila kita menyantap makanan yang digoreng atau tinggi gula sebagai menu makan siang, tubuh justru akan semakin lemas.

Nah, makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membantumu mengembalikan energi, dan membuat tubuh segar sepanjang hari. Kamu bisa mengonsumsi kedelai, yoghurt, atau telur sebagai camilan saat mulai lemas.

  1. Perbanyak asupan vitamin C

Saat kita minum kopi, kadar kafein akan memenuhi aliran darah, membuat tubuh mengalami defisiensi vitamin C. Oleh karenanya, buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangatlah penting. Perbanyak asupan jeruk atau anggur, untuk mengembalikan kadar vitamin C pada aliran darahmu.

  1. Olahraga ringan

Efek samping kafein membuatmu merasa malas dan lelah? Jangan menenggaknya lagi demi mendapat lonjakan energi. Sebaiknya, lakukan olahraga ringan seperti stretching atau berjalan-jalan sejenak. Olahraga ringan akan melancarkan sirkulasi tubuh, dan menghilangkan rasa kaku serta lemas pada lengan, pundak, leher, kaki, hingga punggung.

  1. Konsumsi brokoli

Salah satu makanan yang paling efektif untuk mendetoks tubuh dari kafein adalah brokoli. Sayuran ini mengandung sulfur, salah satu elemen penting untuk memproduksi enzim hati bernama cytochrome P450. Enzim tersebut, berperan dalam mengeluarkan partikel-partikel tak sehat di organ hati. Bukan itu saja, brokoli juga kaya antioksidan sehingga bisa memperkuat imunitas dan melawan radikal bebas.