Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Begini Caranya Agar Kuat Berpuasa Meskipun Tidak Sahur

Begini Caranya Agar Kuat Berpuasa Meskipun Tidak Sahur

Sahur merupakan bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa. Tubuh butuh asupan energi agar kuat berpuasa seharian penuh.

Sayangnya, beberapa orang biasanya susah bangun menjelang sahur. Bisa karena begadang, terlalu, lemah, memang sulit bangun meski sudah pasang alarm, atau karena faktor lainnya. Ketika bangun, ternyata sudah terlewat imsak atau mungkin malah matahari sudah terbit. Hingga akhirnya sahur pun terlewat.

Namun, bukan berarti jika sudah demikian, lalu tidak berpuasa. Kamu bisa tetap kuat berpuasa seharian meskipun tidak sahur. Bagaimana caranya? Berikut 5 kunci kuat puasa saat terlewat bangun sahur.

  1. Kuatkan Niat

Hal pertama yang dapat membuatmu kuat puasa meski terlewat bangun sahur yaitu dengan cara menguatkan niat. Hal ini karena apa yang kita pikirkan akan direfleksikan oleh diri kita sendiri. Menguatkan niat dalam hati untuk tetap berpuasa meski lupa tidak sahur juga akan menguatkanmu berpuasa seharian penuh.

  1. Hindari Bermalas-malasan

Selanjutnya, kamu harus tetap menjaga stamina. Namun, hal ini tidak lantas kamu harus bermalas-malasan, Semakin tidak melakukan apa-apa, waktu akan terasa lebih lama. Hal ini tentu akan membuat rasa lapar semakin menyiksa. Cobalah cari kesibukan untuk membantumu melewati puasa seharian penuh. Namun, jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat, mengingat tubuh tidak terisi makanan dan minuman.

  1. Hindari Mengeluh

Hindari mengeluh ketika menjalankan ibadah puasa. Lakukan hal-hal positif. Ini dapat membantumu mengalihkan perhatian dari lapar dan haus. Puasa pun akan terasa berjalan begitu cepat.

  1. Tidur Siang Sebentar

Bila Anda beraktivitas yang cukup berat meski saat subuh lupa makan sahur. Anda bisa mengembalikan energi dan juga tingkat konsentrasi dengan tidur siang sebentar saja. Para ahli mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit. Lewat dari itu, jam biologis tubuh malah jadi kacau sehingga Anda tambah lesu. Kali ini jangan lupa pasang alarm supaya tidak kebablasan tidur lagi, ya!

  1. Mendengarkan Lagu

Di siang dan sore hari, perut Anda mungkin sudah keroncongan dan Anda merasa sangat kelaparan. Untuk mengusir rasa lapar, dengarkan lagu kesukaan Anda dan jangan lupa ikut bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan kalau musik membantu pikiran jadi lebih awas dan segar serta membuat tubuh lebih bertenaga.