Wednesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Beberapa Cara Untuk Bisa Meningkatkan Peluang Hamil Bayi Kembar

Beberapa Cara Untuk Bisa Meningkatkan Peluang Hamil Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar adalah sebuah keberuntungan. Pasalnya, tidak semua orang bisa melahirkan bayi kembar. Oleh sebab itu banyak juga orang yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara hamil bayi kembar?

Anda mungkin sudah tahu bahwa peluang hamil bayi kembar itu bisa meningkat jika memang di dalam keluarga Anda ada keturunan kembar. Misalnya saja jika ibu atau kakak Anda itu kembar. Namun, selain karena adanya faktor genetik turunan keluarga, ada juga loh beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan bersama pasangan untuk meningkatkan peluang memiliki bayi kembar. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Berhenti minum pil KB

Pil KB juga memainkan peran penting dalam membantu Anda sebagai salah satu cara hamil kembar. Ketika Anda berhenti minum pil KB, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menemukan ritme alami. Hal ini menyebabkan tubuh memiliki hormon lebih tinggi dari kondisi biasanya.

  1. Mengonsumsi ubi dan susu

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa diet yang dilakukan seorang ibu selama masa kehamilan dengan mengonsumsi singkong, ubi jalar, dan beberapa jenis ubi lainnya bisa memunculkan peluang Anda memiliki anak kembar. Kulit sayuran ini diduga mengandung bahan kimia yang menyebabkan hyperovulation, alias pelepasan lebih dari satu telur selama ovulasi.

Selain itu sebuah penelitian yang dilakukan oleh spesialis kesuburan terkemuka dunia telah menemukan konsumsi susu ataupun produk olahan susu seperti keju, yogurt dan sebagainya secara rutin memiliki 5 kali kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kehamilan kembar.

  1. Hamil selama menyusui

Beberapa penelitian pernah menyatakan jika kemungkinan memiliki bayi kembar meningkat ketika seorang wanita mengalami kehamilan selama menyusui. Satu penelitian lainnya juga menyatakan bahwa wanita yang hamil saat menyusui, sembilan kali lebih mungkin memiliki peluang anak kembar dibandingkan wanita yang tidak sedang menyusui pada saat pembuahan terjadi.

  1. Program bayi tabung

Wanita yang hamil lewat program IVF atau pun bayi tabung memiliki 20-40 persen kemungkinan yang lebih besar untuk hamil bayi kembar. Bukan hanya kembar dua, bahkan bisa lebih! Namun, ini semua tergantung pada berapa jumlah embrio yang dimasukkan ke dalam rahim.

  1. Pernah beberapa kali hamil sebelumnya

Kemungkinan hamil anak kembar pun akan meningkat seiring dengan jumlah kehamilan yang pernah Anda lalui. Peluang Anda akan lebih besar lagi jika Anda sudah pernah mengalami kehamilan kembar sebelumnya.

Beberapa perkiraan juga menunjukkan bahwa ibu yang pernah mengalami kehamilan anak kembar, 4 kali lebih mungkin untuk memiliki anak kembar lagi. Jika dibandingkan dengan seorang wanita yang belum pernah hamil, ataupun yang baru memiliki satu anak.

  1. Hamil di atas usia 35 tahun

Wanita yang hamil di atas usia 35 tahun juga memiliki peluang besar mendapatkan anak kembar dibandingkan dengan wanita hamil usia muda. Hal ini dikarenakan saat memasuki usia tersebut, tubuh cenderung melepaskan lebih dari satu telur saat ovulasi. Namun perlu diketahui, jika faktor usia juga memiliki risiko yang tinggi terhadap masalah selama kehamilan ataupun kelahiran nantinya.