Sunday, November 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata

Berkemas sebelum berangkat berwisata, adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh disepelehkan. Sebab, jika kita salah dan tidak bisa memilih dan memilah barang-barang apa yang penting untuk dibawa, maka selain akan memberatkan tas dan mengurangi kenyamanan kita saat berwisata, bisa juga terjadi kemungkinan yang buruk, yakni tertinggalnya barang penting yang dapat membuat wisata kita berantakan.

            Barang-barang yang memiliki nilai penting untuk dibawa saat berwisata, antara seseorang dengan orang lainnya adakalanya berbeda, namun secara umum, barang-barang yang wajib dibawa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dokumen Penting

KTP, Kartu Kredit, Kartu ATM, adalah dokumen penting yang wajib dibawa. Bila mengendarai kendaraan pribadi, SIM dan STNK tentu saja juga menjadi wajib untuk dibawa, begitu pula dengan passport jika hendak berwisata ke luar negeri. Tidak ada salahnya pula untuk membawa kartu identitas tempat bekerja, kartu nama, atau kartu identitas lainnya, toh hanya cukup diselipkan di dalam dompet. Dokumen penting tersebut bisa juga berupa tiket transportasi, tiket reservasi dan voucher hotel. Pastikan terlebih dahulu dokumen-dokumen tersebut tersimpan di dalam tas, sebelum sibuk memikirkan barang-barang bawaan yang lain.

2. P3K dan Obat-Obatan Pribadi

Sekalipun kita tidak berharap terjadi sesuatu di perjalanan, upayakan untuk membawa perlengkapan P3K, setidaknya obat anti mabuk, lotion anti nyamuk, pencegah masuk angin, juga plester dan antiseptik. Untuk yang mengalami gangguan penglihatan, jangan lupa untuk menyiapkan kacamata atau lensa kontak. Begitu juga untuk pengidap penyakit tertentu, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah obat-obatan pribadi, karena di tempat wisata yang Anda kunjungi belum tentu ada apotek yang menyediakan obat yang Anda butuhkan.

Baca juga: Ketetapan Baru Membawa Bubuk di Penerbangan Amerika

3. Peralatan Mandi

Handuk, sabun, sikat dan pasta gigi wajib di bawa kemanapun Anda pergi, apalagi bila Anda berkunjung ke pantai atau waterpark. Hal ini untuk menjaga kemungkinan jika kita terpaksa harus mandi di kamar mandi umum. Simpan perlalatan mandi tersebut di tempat yang terpisah dari tas utama, sehingga setiap saat dibutuhkan, tidak sampai membongkar barang bawaan penting lainnya.

4. Pakaian

Karena tidak mungkin sejak berangkat hingga pulang kita mengenakan baju yang sama, maka siapkan pakaian untuk berganti baju. Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan dengan berapa lama perjalanan yang Anda lakukan. Pilihlah pakaian yang bahannya mudah dilipat dan cepat kering, dan jangan membawa pakaian yang bahannya dari kain jeans.

5. Ponsel

Ponsel adalah salah satu barang yang wajib dibawa, karena selain berfungsi untuk melakukan komunikasi, bagi pengguna smartphone juga dapat memanfaatkannya untuk mengecek email, mencari tahu jadual kereta api dan penerbangan, mencari tempat-tempat wisata yang menarik,mencari pom bensin atau restaurant terdekat, juga bermain game untuk mengusir kebosanan.

6. Uang Tunai

Siapkan uang tunai secukupnya, karena selama perjalanan kita pasti akan membutuhkannya, entah untuk membeli sesuatu di perjalanan, membayar ongkos parkir, membayar tiket memasuki tempat wisata, dan sebagainya. Jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang berlebihan, sebab dapat mengundang tindak kriminal.

Related Post

Inilah Beberapa Sisi Mistis Gunung Salak Yang Mung... Siapa yang tak kenal dengan Gunung Salak? Kamu yang berada di Pulau Jawa, khususnya Jakarta, dan Jawa Barat pastinya tahu tentang gunung yang menjul...
Tips Menginap di Hostel Bagi para backpacker, hostel tentu bukan tempat yang asing, karena tempat inilah yang menjadi tujuan saat butuh penginapan. Di tempat ini, selain me...
Pelabuhan Ratu Punya Adat Laut Leluhur Yang Masih ... Pelabuhan ratu bukan hanya tempat penyeberangan paling ramai setiap harinya, namun juga masih menyimpan budaya leluhur yang masih di pertahankan hingg...
Tips memilih Asuransi yang Tepat Saat Traveling. Bepergian di liburan harus menjadi pengalaman yang seru namun tanpa henti. Anda tidak perlu stres menghadapi biaya tak terduga karena barang bawaan ...

One Comment

Comments are closed.