Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bahan Alami Untuk Pewarna Makanan Tetap Cantik, Sehat dan Aman

Bahan Alami Untuk Pewarna Makanan Tetap Cantik, Sehat dan Aman

Setiap membuat makanan penutup seperti kue memang lebih bagus digunakan pewarna, ini akan membuat tampilan lebih menggugah selera dan terlihat lebih cantik. Namun jika menggunakan pewarna makanan, sering kali membuat perubahan rasa dan terdapat bahan pengawet.

Anda sebagai ibu rumah tangga yang sering membuat camilan sehat untuk anak, tentu tidak ingin menambahkan bahan pengawet atau yang buruk untuk tubuh. Jika memang ingin menambahkan warna agar terlihat lebih cantik, kenapa tidak menggunakan bahan alami.

Hasilnya juga tidak kalah bagus, bahkan bahan ini aman untuk anak-anak usia berapa pun. Terlebih jika anak memiliki alergi pada jenis atau zat makanan tersebut. Maka dari itu, ada beberapa alternatif bahan alami yang bisa dijadikan pewarna makanan.

Beberapa Alternatif Bahan Alami Untuk Pewarna Makanan

1. Warna Merah

Ini paling banyak digunakan untuk membuat makanan penutup, jika ingin mendapatkan warna merah menyala bisa menggunakan buah bit, ini memang jarang didapatkan dengan mudah, sebagai gantinya bisa menggunakan buah naga. Caranya mudah, cukup kupas buah dan pisahkan dari kulitnya. Hancurkan hingga halus, bisa menggunakan blender. Tambahkan sedikit air, saring dan tambahkan pada adonan makanan. Ini akan memberikan warna merah menyala, jika memang ingin membuat dalam jumlah besar, bisa jadi tidak perlu ditambahkan air.

Baca juga: Kecanduan Rokok, Ada Makanan Yang Bisa Mengurangi Keinginan Merokok

2. Warna Kuning

Banyak ibu rumah tangga yang sudah tahu, kunyit akan memberikan warna kuning dengan sangat bagus. Caranya cukup mudah, siapkan beberapa ruas kunyit dan haluskan. Peras dan masukkan dalam makanan yang akan diwarnai, kunyit biasanya digunakan untuk perwarna masakan agar tampilan terlihat lebih menarik, misalkan pada opor ayam dan nasi kuning.

3. Warna Hijau

Untuk warna hijau, sebaiknya gunakan dedaunan sehingga bisa memperlihatkan warna hijau alami. Biasanya digunakan daun suji atau bisa juga daun pandan, ini akan memberikan warna hijau alami pada makanan dan tambahkan bau harum yang akan menggugah selera untuk makan.

4. Warna Orange

Gunakan saja wortel untuk mendapatkan warna orange, cukup dengan paruh halus wortel dan peras. Perasan air wortel tersebut sudah berwarna orange dan tidak perlu menambahkan air. Masukkan saja pada makanan yang akan diwarnai, ini bahkan cara mudah ibu untuk mengakali anak yang sudah makan sayur.

5. Warna Ungu

Ini juga tidak perlu menggunakan pewarna buatan, cukup gunakan ubi ungu, bisa juga kol merah atau daun bayam ukuran besar yang berwarna ungu. Cara untuk mendapatkan warna ungu, haluskan setiap daun yang akan digunakan, tambahkan sedikit air dan campurkan pada makanan. Ada banyak bukan bahan alami yang bisa menghasilkan warna, bahkan ini bisa memberikan tambahan kandungan vitamin dan mineral. Ada baiknya jika memasak apalagi camilan dengan menambahkan pewarna makanan, sehingga memberikan kesan bagus namun adanya bahan pengawet yang merugikan bagi tubuh.

Related Post

Bercinta Dalam Suhu Dingin Berisiko Anak Terlahir ... Bercinta dalam suhu dingin memang disukai hampir semua pasangan, pasalnya tidak akan merasa kepanasan saat harus melakukan kegiatan yang banyak mengur...
Serangan Jantung Lebih Banyak Menyerang Wanita, Ke... Serangan jantung  masih menjadi penyebab kematian tertinggi dan terbanyak di dunia, hal ini bisa terjadi pada siapa saja, meskipun tanpa riwayat dan f...
Hailey Baldwin Bocorkan Rahasia Miliki Tubuh Langs... Hailey Baldwin mendadak jadi wanita yang banyak dicari di dunia maya, setelah pemberitaan jika Justin Beiber yang baru mengencaninya sebulan terakhirn...
Gejala Terjadinya Dehidrasi yang Mesti Diwaspadai Bila tubuh anda mengalami dehidrasi maka anda bisa mengalami penggumpalan darah dan bahkan kejang-kejang. Dehidrasi ringan juga bisa menurunkan ti...