Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bagaimana Cara Untuk Hidup Yang Ramah Lingkungan

Bagaimana Cara Untuk Hidup Yang Ramah Lingkungan

Hari Bumi atau Earth Day adalah hari pendidikan tentang isu-isu lingkungan. Biasanya Hari Bumi dirayakan dengan berbagai gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas kerusakan lingkungan, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli dengan kondisi bumi yang semakin memburuk.

Gaya hidup manusia menjadi sasaran penyebab keadaan bumi menjadi tidak sehat. Bagaimana tidak, hampir semua kemasan makanan hingga produk kecantikan menggunakan wadah plastik, belum lagi kandungan skincare atau makeup yang juga tidak ramah lingkungan.

Walau Hari Bumi pada 22 April bisa jadi momen untuk menumbuhkan rasa sadar untuk menjaga lingkungan, ada baiknya hal ini menjadi suatu kebiasaan sehari-hari. Tidak hanya menguntungkan diri Anda, tapi juga menguntungkan Bumi agar semakin nyaman dihuni. Jadi, apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga Bumi? Dilansir dari Glamour, berikut 7 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk terus menjaga lingkungan.

  1. Menggunakan bahan tumbuhan

Dalam mengonsumsi makanan, Anda harus memperhatikan bahannya. Sebaiknya Anda memilih bahan nabati untuk mengurangi karbon dioksida dalam tubuh Anda. Tidak hanya makanan, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan bahan skincare dan makeup yang aman bagi lingkungan.

  1. Mempersingkat waktu mandi

Air adalah sumber kehidupan, segalanya membutuhkan air. Salah satu cara mudah untuk mengurangi penggunaan air adalah dengan menghindari mandi terlalu lama. Saat sabunan, sebaiknya mematikan keran air dan kembali menyalakan keran ketika membilas tubuh. Anda pun bisa menghemat sekitar satu galon air setiap harinya. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan, Anda juga dapat mengurangi biaya tagihan air dan listrik Anda.

  1. Mengurangi biaya untuk bahan bakar

Secara tidak sadar Anda telah melakukan investasi terhadap bahan bakar yang setiap hari Anda ‘buang’. Selain mengurangi dana, tentu akan merusak udara dan lingkungan. Ada baiknya Anda berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk mengurangi ongkos bahan bakar serta polusi, ditambah tubuh jadi lebih sehat. Menggunakan transportasi umum juga tidak ada salahnya demi mengurangi bahan bakar dari kendaraan pribadi.

  1. Singkirkan produk plastik

Sudah banyak pilihan alternatif untuk tidak menggunakan plastik. Jadi tidak ada alasan untuk menggunakan plastik yang membahayakan planet ini. Anda bisa membawa tas kanvas saat berbelanja. Sementara untuk perawatan kecantikan, pilih sampo, kondisioner, pembersih wajah yang mengurangi pengemasan. Sudah tersedia pula produk kecantikan yang menawarkan kemasan daur ulang dan menerima sampah plastik dari kemasan skincare Anda untuk didaur ulang.

  1. Ubah pola penggunaan wadah plastik

Jika Anda terbiasa membeli produk dengan kemasan plastik, jangan dibiasakan untuk langsung membuang kemasannya. Anda bisa melakukan isi ulang atau menggunakan wadah itu untuk kebutuhan lainnya. Supaya tidak banyak sampah plastik yang sulit terurai dan merusak lingkungan.

  1. Mengurangi konsumsi dengan pilihan produk lebih berkualitas

Industri fashion dan kecantikan menghasilkan miliaran produk setiap hari. Jika Anda mau memberi produk yang lebih berkualitas dan bertahan lama, maka otomatis Anda akan mengurangi frekuensi pembelian dan tidak menambah limbah serta permintaan produksi.

  1. Ikuti mereka yang bijak

Ikuti sosok-sosok atau media sosial yang peduli dengan lingkungan. Secara tidak sadar, Anda akan terinspirasi untuk menjaga lingkungan dan bumi dengan lebih baik.