Wednesday, April 1Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bagaimana Cara Mencegah Kalap Makan Setelah Berolahraga

Bagaimana Cara Mencegah Kalap Makan Setelah Berolahraga

Bagi orang-orang yang tengah menjalani diet, berolahraga menjadi salah satu agenda yang wajib dilakukan. Ya, selain membatasi asupan kalori pada tubuh, kegiatan membakar kalori juga tak boleh ketinggalan.

Biasanya, jenis olahraga yang efektif bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan adalah cardio workout. Namun, usai melakukan olahraga berat yang menghabiskan tenaga, tak jarang perut kita akan merasa kelaparan. Ujung-ujungnya, kita justru menjadi kalap dan malah menyantap jenis makanan yang tinggi gula dan kalori.

Tak perlu khawatir program diet gagal seketika karena kebiasaan kalap makan kita seusai berolahraga, karena ada beberapa tips untuk mengakalinya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya seperti dilansir prevention berikut ini:

  1. Makan setiap 3 dan 4 jam sekali

Meski terdengar sedikit tak meyakinkan, namun ternyata memberikan tubuh kita asupan kalori yang stabil dapat menjaga gula darah tetap normal selama dan sesudah berolahraga, lho. Tips ini dapat mencegah melonjaknya gula darah saat kita menyantap makanan setelahnya, dan membuat lemak tubuh meningkat.

Hanya saja, pastikan untuk tetap membatasi jumlah kalori yang kamu santap, yakni sebatas 500 kalori untuk makan berat, dan 200 kalori untuk camilan.

  1. Perbanyak konsumsi protein

Protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat nafsu makan kita tetap terkontrol. Santap telur, susu, yogurt, dan oatmeal sebagai menu sarapan. Tambahkan pula kacang-kacangan, gandum, ikan, daging tanpa lemak, dan daging unggas pada menu makan serta camilanmu untuk memenuhi asupan protein sehari-hari.

  1. Konsumsi serat

Makanan yang tinggi serat akan membuat perutmu cepat kenyang tanpa memberi kalori berlebih. Setidaknya, konsumsi 25 hingga 30 gram serat setiap harinya, termasuk 5 gram serat untuk makan dan camilan. Beberapa jenis makanan sehat yang kaya akan serat antara lain kacang hitam, bayam, wortel, kacang-kacangan, hingga buah apel.

  1. Minum air

Tahukah kamu, banyak orang yang salah mengartikan rasa haus usai berolahraga sebagai rasa lapar? Ya, olahraga berat membuat rasa haus kita meningkat dan menjadi lemas, namun alih-alih memberi asupan cairan, banyak yang malah menyantap makanan agar merasa segar kembali. Setiap kali merasa ingin menyantap makanan usai olahraga berat, kamu bisa mengakalinya dengan meminum jenis minuman bebas kalori seperti air putih.