Sunday, June 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bagaimana Cara Berolahraga Yang Tepat Di Bulan Puasa

Bagaimana Cara Berolahraga Yang Tepat Di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan, waktunya umat muslim melakukan ibadah puasa. Namun, jangan jadikan berpuasa alasan untuk tidur siang berjam-jam dan bermalas-malasan ya Sobat. Di bulan Ramadhan ini kamu bisa tetap fit dan menjalani aktivitas seperti biasanya. Salah satu caranya adalah dengan tetap berolahraga meskipun sedang berpuasa.

Berikut tips yang sangat berguna bagi kamu yang ingin berolahraga di bulan Ramadhan.

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga

Berolahraga di bulan Ramadhan paling dianjurkan untuk dilakukan sebelum berbuka puasa yaitu sekitar pukul 16.00 dan setelahnya, tergantung durasi yang dibutuhkan. Tapi jika kamu sibuk di jam tersebut, kamu bisa melakukannya satu jam setelah berbuka puasa. Dengan begitu makanan sudah tercerna dan kamu sudah memiliki simpanan energi.

Durasi yang sesuai

Mulailah dengan durasi yang lebih sedikit di hari-hari awal bulan Ramadhan dengan berolahraga selama sekitar satu jam. Setelah tubuh kamu terbiasa dengan olahraga saat berpuasa, kamu bisa lanjutkan dengan durasi lebih dari satu jam di hari hari minggu selanjutnya.

Jenis olahraga yang dianjurkan

Di bulan Ramadhan ini, bukan saatnya kamu menargetkan sesuatu terlalu berat untuk tubuh kamu. Seperti misalnya target turun berat badan sekian kilogram atau target mengecilkan perut. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau peregangan otot.

Makanan ketika sahur

Jika kamu memutuskan untuk berolahraga di bulan Ramadhan, protein adalah makanan kunci saat sahur. Zat ini bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsi ikan, dada ayam, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Jangan sampai dehidrasi

Untuk tetap terhidrasi di bulan Ramadhan, kamu bisa menambahkan air kelapa pada menu buka puasamu. Selain itu sup dan buah-buahan juga membantu kamu mendapatkan cairan yang diperlukan tubuh. Makanan lain yang mengandung banyak air yaitu semangka dan juga salad.

Makanan yang harus dihindari

Awali berbuka dengan makanan yang tidak terlalu berat, seperti buah-buahan, jus, ataupun kurma. Usahakan menghindari gorengan dan makanan yang terlalu berlemak. Jadi Sobat semua, di bulan Ramadhan tahun ini, mari kita tetap menjaga kesehatan dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga.