Monday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Babak Baru Misteri Tewasnya Jamal Khashoggi

Babak Baru Misteri Tewasnya Jamal Khashoggi

Masih dari berita paling hangat di dunia Internasional belakangan ini yaitu Kasus hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi memasuki babak baru. Saat sedang ramai penyelidikan kasus ini, Arab Saudi mengakui Khashoggi telah meninggal. Pihak Saudi pun akhirnya mengambil tindakan tegas dimana mereka memecat penasihat Istana Kerajaan Saudi, Saud al-Qahtani, dan Wakil Kepala Intelijen Ahmed Asiri atas insiden yang telah memicu kecaman internasional ini.

Selain itu, jaksa penuntut umum Saudi juga menduga bahwa kematian Khashoggi diakibatkan oleh perkelahian yang dilakukan oleh 18 warga setempat. Namun banyak yang tidak percaya pada keterangan ini karena berdasarkan cctv yang ada, Khashoggi terlihat masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul Turki dan selanjutnya tidak terlihat keluar dari ruangan gedung itu.

Memang ada cctv lain yang merekam adanya orang yang keluar melalui pintu lain yang mengenakan jas mirip dengan yang digunakan Khashoggi namun orang itu dipercaya bukanlah Khashoggi dan hanya disuruh mengenakan jas tersebut untuk membuat bingung penyelidikan yang tengah dilakukan saat ini. Tunangan Khashoggi pun sempat mengatakan bahwa sebelum masuk kedalam, Khashoggi bilang kepadanya agar melapor ke polisi jika sudah lebih dari satu jam dia tidak keluar dari gedung tersebut.

Arab Saudi pun akhirnya membenarkan alias mengakui jika khashoggi  memang telah tewas. Hal ini dilakukan Arab Saudi karena berita ini telah memicu kecaman internasional. Arab Saudi juga disebut telah memecat Wakil Kepala Intelijen dan mengumumkan 18 orang yang sekarang telah menjadi tersangka terkait tewasnya Jurnalis serta aktivis asal Arab Saudi ini. Walau memang JPU Arab Saudi mengatakan tewasnya Khashoggi karena perkelahian namun banyak yang meragukan itu semua.

Penyelidikan tentang kasus kematian Jamal Khashoggi pun terus menimbulkan spekulasi baru dimana banyak berita-berita yang mulai bertebaran di media sosial. Dari mulai yang memang benar adanya berdasarkan fakta yang terjadi sampai yang akhirnya terbukti hanyalah hoaks semata. Semoga semua pihak-pihak terkait mampu untuk menemukan siapakah yang menjadi biang keladi kematian aktivis dan jurnalis ini. Dimana lokasi Jamal Khashoggi tewas juga mengapa ia bisa tewas. Dan pastinya karena terlihat ada banyak sekali yang terlibat dan semuanya bukanlah kubu-kubu yang sembarangan, jadi kita tunggu saja hasil dari drama ini.