Friday, February 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Awas, Makanan-makanan Ini Bisa Bikin Bau Ketiak

Awas, Makanan-makanan Ini Bisa Bikin Bau Ketiak

Bau ketiak bikin kamu enggak percaya diri? Tentu saja, bukan hanya itu bau ketiak juga akan mengganggu orang di sekitarmu, lho. Faktor penyebabnya pun beragam, salah satunya makanan. Ya, bisa jadi makanan yang kamu santap menjadi pemicu bau ketiak tak sedap. Ayo, coba ingat-ingat lagi kamu abis makan apa? Kalau sudah begini, sebaiknya hindari deh makanan tersebut. Jadi, apa saja makanannya? Berikut lima yang bisa memicu bau ketiak tak sedap, catat ya!

  1. Asparagus

Sayuran panjang dengan tekstur renyah ini memang enak. Cuma direbus atau ditumis dengan bawang putih saja sudah lezat. Tapi tahukah kamu, kalau asparagus bisa memicu bau di ketiakmu? Menurut penelitian Monell Chemical Senses Center, memang asparagus tidak langsung memicu bau ketiak. Namun, asparagus justru akan memicu produksi keringat yang menjadi penyebab bau tersebut.

Produksi keringatnya pun tak sebanyak yang kamu bayangkan, kok. Tapi enggak ada salahnya, jika tak ingin ketiakmu bau maka hindarilah sejenak makan asparagus.

  1. Ikan

Ikan saja punya bau yang amis, ini juga yang akhirnya membuat makanan laut itu jadi salah satu pemicu bau di ketiak. Terutama bagi mereka yang punya kelainan genetik bau badan atau disebut juga trimethylaminuria.

Mengutip Health, menurut Ketua dewan editorial dari University of California Berkeley Wellness Letter John Swartzberg, MD, penyakit trimethylaminuria terjadi karena ketidakmampuan tubuh memecah jenis protein tertentu. Termasuk asam amino dalam ikan yang bisa memicu bau pada mulut dan keringat.

  1. Telur

Dilanjutkan Dr. Swartzberg selain ikan, telur juga menjadi salah satu makanan yang memicu bau –termasuk bau di ketiak. Alasannya sama, yakni karena telur mengandung protein asam amino yang membuat bau badan menjadi tidak sedap. Jadi, jangan banyak-banyak makan telur, ya.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang sangat bisa menambah sedapnya makanan, tapi sebaliknya bisa pula membuat bau ketiakmu justru jadi tak sedap. Saat tubuh kita mencerna rempah-rempah tersebut, komponen mirip sulfur juga akan diproduksi. Senyawa sulfur ini akan bereaksi dengan keringat dan memproduksi bau di ketiak.

  1. Makanan pedas

Melansir Medical News Today, makanan pedas juga patut dihindari jika tak ingin ketiakmu bau. Soalnya, makanan pedas bisa memicu produksi keringat berlebih termasuk di daerah ketiak. Apalagi makanan pedas yang kamu santap juga bercampur dengan bawang putih, bisa-bisa baunya jadi double, tuh.