Saturday, January 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Awas, Inilah Bahaya Menahan Bersin Bagi Manusia

Awas, Inilah Bahaya Menahan Bersin Bagi Manusia

Bersin merupakan respon alami dari tubuh terhadap sebuah rangsangan yang ada pada organ pernapasan makhluk hidup salah satunya tentu manusia. Jika sedang berada pada momen yang cukup tidak tepat, biasanya kita lebih memilih untuk menahan bersin. Tapi, anda harus berhati-hatilah karena menahan bersin ternyata berdampak buruk bagi tubuh. Dikutip dari BBC, menahan bersin ternyata bisa menyebabkan kerusakan tenggorokan, pecahnya gendang telinga, hingga pecahnya pembuluh darah pada otak.

Contoh nyata telah terjadi pada seorang pria berusia 34 tahun di Leicester, Inggris. Pria tersebut mengalami kerusakan tenggorokan saat ia mencoba untuk menahan bersin dengan cara menjepit hidung dan juga menutup mulutnya. Karena ditahan, maka tekanan tersebut menyobek selaput tipis yang ada di tenggorokan.

Meskipun kasus ini sangat jarang dan tidak biasa, namun dokter menyarankan agar kita untuk lebih berhati-hati. Dalam jurnal BMJ Case Reports, disampaikan pula bahwa bersin juga bisa merusak telinga bahkan bisa pula menimbulkan pembengkakan pembuluh darah. Pria yang mengalami kerusakan telinga tersebut pun mengatakan, bahwa dirinya saat itu merasakan sensasi pecah di lehernya ketika hal itu terjadi.

Seketika, ia pun merasakan sakit serta kesulitan menelan dan juga bicara. Setelah dokter melakukan pemeriksaan awal, mereka menemukan adanya pembengkakan dan nyeri pada bagian tenggorokan dan juga leher pria tersebut. Hasil rontgen juga menemukan bahwa sejumlah udara merembes dari pipa udara ke selaput tipis di lehernya.

Pria tersebut pun kini harus makan melalui selang untuk tujuh hari ke depan selama proses penyembuhan selaput di tenggorokannya. Setelah menghabiskan waktu sekitar satu minggu di rumah sakit, pria tersebut akhirnya bisa pulang ke rumah untuk pemulihan. Para dokter dari Departemen THT Leicester Royal Infimary juga menyampaikan bahwa menahan bersin agar tak keluar lewat hidung dan mulut adalah sebuah tindakan yang berbahaya dan sangat harus dihindari. Meskipun memang baik untuk dilepaskan, pastikan untuk menutup mulut dengan tisu pada saat bersin. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit pada saat anda bersin.

Wah ternyata hal yang kelihatan sangat sepele sekali bisa sangat membahayakan diri sendiri ya jika kita salah dalam melakukan respon terhadap sesuatu hal yang mungkin tidak terlalu kita mengerti ini. Padahal bersin merupakan satu hal yang sangat sering dilakukan oleh setiap makhluk hidup termasuk tentu saja manusia. Lebih berhati-hati pada saat bersin dan lepaskan saja bersin anda yang penting jangan lupa sambil menutup hidung serta mulut anda ya.

Related Post

Mau Bayar 19 Juta Rupiah untuk Satu Kantong Kresek... Rumah mode dunia yang sangat terkenal baru-baru ini kembali membuat kejutan dan gebrakan yang sanagt tidak masuk akal dengan meluncurkan kantong kre...
Keramas Idealnya Seminggu Berapa Kali? Ini Saran D... Keramas idealnya seminggu berapa kali? Ini pertanyaan yang banyak dipertanyakan, bahkan tidak terjawab dengan memuaskan. Anda tentu akan membersihkan ...
Bahaya Asap Rokok! Ternyata Bisa Sebabkan Komedo d... Bahaya asap rokok bukan hanya akan menyerang perokok aktif, namun dampak negatif banyak dirasakan oleh perokok pasif di sekitarnya. Hal ini tentu saja...
Mampukah Mendagri Memberhentikan Para PNS Korup? Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan akan memecat ribuan PNS Koruptor yang masih bergentayangan di Kementerian ataupun di seluruh perangkat...