Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Aturan Kominfo, Pengguna Tik Tok Minimal Berusia 13 Tahun

Aturan Kominfo yang akhirnya membuka blokir tik tok adalah peningkatan batas minimal umur penggunanya, jika sebelumnya pengguna minimal harus berusia 12 tahun kini menjadi 13 tahun. Ini ketetapan yang sudah tidak bisa lagi diteleransi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Padahal sebelumnya, saat mengajukan syarat untuk membuka blokir tik tok. Kominfo meminta batas minimal pengguna 16 tahun, nampaknya sudah ada pelunakan karena tindakan cepat dan tegas tik tok dengan membersihkan konten negatif. Terbukti dalam hitungan hari saja, pemblokiran sudah dicabut dan tik tok kini sudah bisa dinikmati kembali.

Hal ini ditegaskan oleh Semuel Abrijani Pangerapan, selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informasi (Dirjen Aptika di Kantor Kemenkominfo beberapa waktu lalu setelah pemblokiran berakhir. Dimana kini batas usia 13 tahun, ini sudah sama seperti aturan facebook yang juga 13 tahun. Hampir semua aplikasi rata-rata menggunakan batas usia ini, hal wajar yang tetap membutuhkan pengawasan orang tua.

Baca juga : Kominfo Buka Blokir Tik Tok Sudah Bisa Di Akses Kembali

Bahkan menurut Semuel, usia 13 tahun anak-anak sudah tidak berada di bangku sekolah dasar. Dimana sudah bisa mengembangkan pemikiran dan mengerti mana yang baik dan buruk, meskipun tidak menyeluruh. Saat memasuki bangku Sekolah Menegah Pertama (SMP), akan terjadi peralihan. Dimana mulai melihat mana yang baik dan buruk, namun diharapkan peran serta orang tua saat anak-anak mengakses internet.

Jika sebelumnya Kemenkominfo meminta batasan usia 16 tahun, ini tidak lazim. Hal tersebut juga menurut KPAI terlalu janggal. Jika memang ingin menerapkan di bawah 13 tahun maka langsung jadikan saja 21 tahun, KPAI memberikan jalan tengah. Dimana usia anak-anak mulai dewasa itu 14 hingga 18 tahun, ini akan memberikan pengertian yang cukup.

Selain itu, tik tok yang nampaknya mengikuti aturan kominfo, akan menerapkan sistem face recognition untuk memprediksi umur penggunanya. Jika memang lolos maka bisa menggunakan aplikasi musik tersebut, hal ini guna memastikan dengan mudah jika semua pengguna tik tok adalah usia di atas 13 tahun.

Baca juga : Tik Tok Berhasil Atasi Konten Negatif AI Dan Report Solusi Utama

Namun dalam aturan kominfo, tik tok juga menyelipkan sebuah kebijakan. Untuk anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun, diberikan fitur parental guidance, dimana akan memberikan peran serta orang tua dalam penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga bisa melihat sendiri, konten apa saja yang di akses anak-anak, sekaligus melakukan pembatasan.

Semuel bahkan menegaskan, dengan aturan kominfo yang baru tersebut akan ada banyak peran orang tua dalam penggunaan internet. Ini bukan sekadar pendampingan, namun wujud nyata adanya tanggung jawab dalam penggunaan teknologi yang benar. Jangan sampai, orang tua tidak tahu atau pengambil sikap acuh dengan tindakan anak-anak di dunia maya.

Related Post

Vicky Prasetyo Dengan Pede Menyebut Hanya Dirinya ... Kasus perceraian Vicky Prasetyo dan Angel Lelga kian memanas. Kabar perceraian yang sudah mulai mencuat sejak September lalu pun masih bergulir hing...
Inilah Preview Teknologi Ter-Anyar Iphone X: The F... iPhone X atau dibaca iPhone Ten baru saja dipresentasikan untuk pertama kalinya di dunia lewat Apple Special Event tengah malam barusan. Acara yang ...
Saat Para Atlet Badminton Indonesia Ikut Tes CPNS Para atlet badminton Indonesia, Jonatan Christie, Anthony Ginting, Tontowi-Liliyana, hingga Marcus-Kevin tampak ikut dalam Computer Assisted Test CP...
Blus Putih Bisa Bikin Tambah Cantik Di Kantor, Ini... Blus putih memang pakaian yang paling aman untuk digunakan pada acara formal, apalagi jika untuk bekerja di kantor setiap harinya. Ini akan membuat An...