Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Atraksi Sirkus Sering Kali Tidak Nyaman Untuk Binatang, Kenapa ?

Atraksi sirkus memang sering kali menggunakan hewan, dimana bisa menampilan tontonan yang tidak biasa. Namun kini banyak pemerhati hewan yang prihatin dengan kondisi hewan itu sendiri, pasalnya ada banyak tindakan yang kurang menyenangkan, bahkan sering kali melakukan tindakan kasar untuk membuat hewan patuh dan mengikuti perintah pawangnya.

Atraksi sirkus memang sering kali menggunakan hewan, dimana bisa menampilkan tontonan yang tidak biasa. Namun kini banyak pemerhati hewan yang prihatin dengan kondisi hewan itu sendiri, pasalnya ada banyak tindakan yang kurang menyenangkan, bahkan sering kali melakukan tindakan kasar untuk membuat hewan patuh dan mengikuti perintah pawangnya.

Bukan hanya di Indonesia, namun banyak negara lain yang memberikan tontonan atraksi sirkus yang kurang menyenangkan untuk hewan. Misalkan seperti di Spanyol beberapa waktu lalu, ada tradisi pembantaian ‘Pamploma bull run’, dimana terjadi pembantaian antar hewan dan ini menjadi tontonan yang menarik.

Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi tradisi yang mengeksploitasi hewan untuk kegiatan pariwisata hingga mengikuti kebudayaan. Mengutip dari Independent, dimana ada beberapa atraksi yang sebaiknya harus mulai ditinggalkan karena bisa mengganggu dan berpotensi membuat hewan mengamuk dan menyerang manusia.

5 Atraksi Sirkus yang Membuat Hewan Tidak Nyaman

  1. Atraksi Menunggang Gajah

    Ini hal yang sudah terjadi sejak berabad lalu, namun banyak dilakukan di benua Asia, lebih sering lagi dilakukan di Thailand yang terkenal sebagai ‘negeri gajah putih’. Dimana atraksi menunggang gajah adalah hal biasa, bahkan akan mengajak wisatawan untuk menjelajah alam sekitar dengan naik gajah, tetapi apakah semua gajah sudah bisa jinak dan mengikuti apa kata pawangnya.

    Jika melihat sebelumnya, ada pelatihan yang cukup keras. Apalagi jika mendapatkan gajah dari hutan secara liar, butuh waktu yang cukup panjang untuk bisa membuat gajah akhirnya menurut dan mengikuti pawangnya. Proses ini tidak hanya menggunakan perintah dan pendekatan secara fisik, namun juga menggunakan kekerasan sehingga gajah akan patuh karena akumulasi kesakitan selama pelatihan.

    Baca juga : 7 Tempat Misterius Dunia Yang Tak Logis

  2. Berenang Bersama Lumba-Lumba

    Jika sebelumnya lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pintar dan cerdas, ini memang benar. Karena di alam bebas, lumba-lumba bisa menjaga kawanan dan tetap berkelompok tanpa meninggalkan satu pun kawanannya. Namun kepintaran mamalia yang hidup di laut bebas ini mengundang rasa penasaran, sehingga kini jadi salah satu atraksi sirkus.

    Bahkan kini sudah ada fasilitas untuk berenang bersama lumba-lumba, apakah ini tidak berbahaya. Hewan akan selalu punya insting untuk memakan, apalagi dengan orang baru. Namun lumba-lumba yang sudah ada di sirkus telah melewati pelatihan panjang, harus terpisah dari kawanannya bahkan tidak jarang diberikan obat-obatan untuk merangsang kepatuhan.

  3. Menyelam Bersama Hiu

    Ini jadi hal gila namun kini banyak dilakukan, dalam atraksi sirkus yang biasanya digunakan di akuarium besar. Nantinya akan ada pawang yang berenang, bahkan menyelam dengan ratusan hiu yang terlihat ganas. Ini emang benar, bahkan kini di buka paket wisata super ekstrem tersebut dengan harga yang sangat mahal, namun terbukti ada saja peminatnya.

    Namun tahukah Anda, hiu tidak akan ganas setelah dia kenyang dan puas dengan buruannya. Bagaimana bisa memancing keganasan hiu, tidak jarang sirkus akan menggunakan daging segar dengan darah yang masih menetes, bahkan bukan hanya darah hewan namun manusia untuk membuat perilaku hiu semakin ganas.

  4. Menyelam dan Melihat Terumbu Karang Secara Langsung

    Ini hal yang sangat diinginkan banyak orang, melihat langsung keindahan alam bawah laut yang tidak bisa dengan mudah dilakukan. Bukan hanya harus punya kemampuan berada di dalam air, Anda harus memiliki seperangkat alat menyelam yang canggih dan izin untuk penyelaman. Karena terumbu karang termasuk sensitif dan bisa mati jika terinjak begitu saja.

    Namun kini apa yang terjadi, sudah banyak penyelaman liar yang ingin melihat dan membawa terumbu karang dari dasar laut secara langsung. Sudah jelas ini akan merugikan, pasalnya akan merusak keseimbangan ekosistem dan membuat terumbu karang tidak bisa berkembang, bahkan mati setelah penyelaman tersebut.

    Baca juga : 10 Keajaiban Dunia Zaman Kuno Yang Mesti Anda Kunjungi

  5. Memakan Hewan Liar

    Tidak semua orang berani untuk menyantap daging harimau, singa atau ular. Namun kegiatan makan ekstrem tersebut menjadi bagian atraksi sirkus yang cukup banyak mengundang penonton, padahal seperti halnya diketahui. Jika hewan-hewan tersebut dilindungi oleh hukum dan tidak boleh adanya perburuan liar, apalagi pembunuhan untuk dimakan.

    Bukan hanya hewan liar, namun kini juga sudah dilarang perburuan ikan hiu untuk diambil siripnya, telur penyu di pinggir pantai hingga beberapa hewan lainnya yang sudah mendekati kepunahan. Apalagi jika itu semua dilakukan hanya untuk mendapatkan uang, ini semua harus muncul kesadaran sendiri dari masing-masing orang untuk berhenti menjajah lingkungan sendiri.

Sudah jelas, beberapa atraksi sirkus di atas sebaiknya dihentikan dan tidak dilakukan lagi. Pasalnya bukan hanya membuat hewan tidak nyaman, namun berpengaruh dan mendekati kepunahan bagi beberapa hewan tertentu. Apalagi yang sudah masuk dalam daftar perlindungan, Anda yang merusak akan dikenakan denda dan sangsi tegas.

Related Post

Payudara Kecil Bikin Wanita Kurang Percaya Diri, C... Payudara kecil bukan sebuah penyakit atau hal yang merugikan untuk wanita, namun ini selalu jadi permasalahan karena merasa tubuh kurang seksi. Sehing...
Inilah Preview Teknologi Ter-Anyar Iphone X: The F... iPhone X atau dibaca iPhone Ten baru saja dipresentasikan untuk pertama kalinya di dunia lewat Apple Special Event tengah malam barusan. Acara yang ...
Anak Milenial Tetap Gaya Dengan Kerja Santai, Ikut... Anak milenial atau sebutan untuk anak muda zaman sekarang, memang cenderung terlihat malas bekerja. Pasalnya tidak ingin datang ke kantor, namun memil...
Rambut Rontok Lebih Banyak Saat Cuaca Panas, Kenal... Rambut rontok memang bukan jadi hal baru lagi, namun jika rambut jadi rontok lebih dari normal, ini bukan hal yang bisa dibiarkan begitu saja. Pasalny...