Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Atasi Varises Dengan Cara Mudah dan Cepat

Atasi varises dengan obat memang jadi jalan singkat, namun ini akan menimbulkan rasa kurang nyaman dan ada efek samping jika digunakan terus menerus. Padahal Anda sangat suka menggunakan sepatu dengan hak yang cukup tinggi, apalagi jika tidak memiliki tinggi badan yang sesuai standar. High heel bisa menjadi penolong yang tepat, namun apakah Anda tidak terpikir bahaya varises.

Varises merupakan gangguan yang cukup serius, ini akibat terjadi pembengkakan di pembuluh darah vena, akibat tidak bisa mengalir dengan lancar. Ini akan menimbulkan rasa sakit sekaligus meninggalkan bekas, pasalnya akan muncul tonjolan berwarna kebiruan yang mengikuti aliran darah. Ini memang bisa disembuhkan, apalagi dengan menggunakan obat, namun ada baiknya jika Anda berusaha untuk mencegahnya.

5 Cara Tepat Atasi Varises Lewat Jalan Pencegahan

  1. Ubah Cara Duduk

    Anda harus mengubah pandangan jika terlalu banyak berolahraga berat bisa menyebabkan varises, ini karena tidak melakukan pemanasan dengan tepat. Pasalnya ada kebiasaan lain yang bisa membuat kaki terjadi varises, yaitu kebiasaan duduk. Apalagi jika Anda suka menyilang kaki, ini menjadi penyebab utama karena kaki hanya bertumpu pada satu kaki saja.

    Ada baiknya untuk atasi varises Anda duduk dengan benar, jika di jam istirahat atau duduk di kantor sejenak luruskan kaki. sehingga peredaran darah tidak terhambat, pembuluh vena bisa kembali ke jantung sesuai waktunya, awalnya jika terlalu lama adanya sering kali mengalami kesemutan, ini bisa mengarah pada kelumpuhan.

    Baca juga : Menyilangkan Kaki Saat Duduk Memberikan Efek Buruk Untuk Kesehatan

  2. Terapkan Ritual Sebelum Tidur yang Menenangkan Kaki

    Sebelum tidur adanya baiknya melakukan ritual yang bisa merelakskan tubuh, apalagi di bagian kaki. Hal kecil ini bisa membuat Anda bangun lebih segar dan mendapatkan tidur yang berkualitas, apalagi jika duduk atau melakukan satu kegiatan terlalu lama.

    Saat di tempat tidur, coba angkat kaki lebih tinggi dari kepala, bisa menaikkan hingga kursi atau menempelkan ke dinding. Diamkan minimal 10 menit, ini akan membuat aliran darah menuju jantung kembali normal, bahkan hal kecil tersebut bisa mengatasi masalah kesulitan tidur (insomnia) tanpa harus minum obat.

  3. Kurangi Frekuensi Penggunaan Sepatu Hak Tinggi

    Kerja di kantor tentu menuntut Anda tampil rapi dan sempurna, sehingga banyak wanita memilih sepatu dengan hak tinggi, bahkan hingga 10 sentimeter. Ini tidak sehat untuk kaki, karena aliran darah akan terhenti dan membuat terjadinya varises. Awalnya memang tidak masalah, Anda bisa meluruskan kaki sejenak dan kembali normal.

    Namun jika high heel digunakan sepanjang hari, ini tentu akan membuat timbulnya varises di kaki jenjang Anda. Cara mudah atasi varises, sebisa mungkin untuk melepaskan high heel, jika di kantor dan duduk di ruangan ganti saja dengan alas kaki yang datar atau tanpa menggunakan alas kaki. Ini lebih sehat, sehingga pembuluh darah vena tetap bisa mengalir menuju jantung tanpa tersumbat.

  4. Pertahankan Berat Badan Ideal

    Jika Anda berkaca, bagian tubuh mana yang menonjol. Biasanya di bagian pinggang ke bawah, hal ini karena kurang gerak dan berolahraga, maka dari itu ada baiknya menjadi asupan makanan sehat. Obesitas bukan hanya akan memicu timbulnya penyakit serius yang belum ada obatnya, namun juga bisa membuat terjadi varises.

    Cara mudah atasi varises dengan menjaga pola makan, jika memang ingin camilan pilih yang sehat seperti salad buah dan sayur. Ini akan membuat kulit menjadi lebih halus dan menjaga kekencangan, selain itu bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

    Baca juga : Cara Mudah Awet Muda Dari Usia Sesungguhnya

  5. Budayakan Jalan Kaki

    Kebiasaan sehat yang kini banyak dihindari, padahal jalan kaki adalah alternatif cara mudah untuk atasi varises. Minimal dalam satu hari Anda melangkah seribu langkah, ini akan menjaga otot tetap bergerak aktif dan tidak tegang, mengurangi jumlah tumpukan lemak dalam tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

    Jika memang diperlukan, Anda harus berjalan dengan posisi benar. Mulai dari berjalan kaki dengan menatap ke depan, tidak boleh menunduk. Tegakkan kepala dan berjalan dengan perlahan, ini akan membuat aliran darah berjalan normal, bahkan tidak akan terjadi gangguan apapun.

Ternyata cukup mudah bukan untuk atasi varises tanpa harus minum obat, cara di atas bisa digunakan. Jika Anda menerapkan kebiasaan ini minimal satu bulan, maka sudah bisa merasakan manfaatnya. Maka dari itu, perhatikan pola hidup sehat dan pola makan yang sesuai kebutuhan dan hindari konsumsi makanan yang kurang menyehatkan.

One Comment

Comments are closed.