Sunday, April 5Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Asupan Ini Justru Memperparah Sakit Kepala Kamu

Asupan Ini Justru Memperparah Sakit Kepala Kamu

Saat sakit kepala menyerang, rasanya sulit untuk melanjutkan aktivitas. Gangguan kesehatan ini memang kadang terlihat sepele. Namun kalau sudah akut, rasa nyerinya bisa membuat produktivitas menurun.

Penyebabnya beragam, bisa karena stres, kurang tidur, hingga pola makan. Ya, beberapa makanan dan minuman tertentu rupanya bisa memicu sakit kepala dan membuatnya makin parah. Apalagi, kalau kita memiliki migrain bawaan. Agar tak sering kumat, sebaiknya hindari menyantap sederet makanan dan minuman berikut, ya!

  1. Kafein

Bila kamu rentan terkena migrain, sebaiknya kurangi asupan kopi dan minuman bersoda. Terlalu banyak mengkonsumsinya juga dapat memicu sakit kepala. Mengingat kafein bisa bereaksi terhadap reseptor otak tertentu yang berhubungan dengan migrain. Adapun batas konsumsi minuman berkafein yang dianjurkan adalah 230 – 350 ml per hari.

  1. Keju berusia tua

Keju mengandung protein bernama tiramin yang bisa memicu sakit kepala. Hal ini disebabkan karena tiramin tersebut akan berinteraksi dengan neurotransmitter pada otak. Nah, bila usia keju semakin tua, kandungan tiraminnya pun semakin banyak. Oleh karenanya, bila kamu cukup sensitif dan mudah migrain, sebaiknya hindari mengonsumsi keju yang sudah berusia tua, seperti blue cheese, swiss, cheddar, gouda, dan parmesan.

  1. Daging olahan

Sosis, nugget, daging ham, dan jenis daging olahan lainnya ternyata bisa membuatmu rentan terkena migrain, lho. Menurut ahli syaraf dari ColumbiaDoctors, Rebecca Traub, MD, daging olahan bisa saja mengandung pengawet berupa sodium nitrat. Zat aditif ini bisa menimbulkan perubahan kimiawi otak yang berkaitan dengan sakit kepala.

  1. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan aliran darah pada otak dan menimbulkan dehidrasi. Kedua efek tersebut merupakan pemicu sakit kepala. Selain itu, anggur merah juga mengandung pengawet bernama sulfit –yang masuk ke dalam daftar makanan penyebab migrain.

“Orang-orang dengan penyakit migrain cenderung akan mengalami hangover yang lebih parah ketika mengonsumsi alkohol jenis apapun,” ujar Robert Daroff, MD, profesor ahli saraf di Sekolah Kedokteran Case Western Reserve di Cleveland seperti dilansir Everyday Health.

  1. Pemanis aspartam

Pemanis buatan juga dicurigai sebagai salah satu zat makanan yang menimbulkan migrain pada beberapa orang. Pasalnya, sebagian orang memiliki sensitivitas terhadap pengawet makanan –tak terkecuali aspartam. Jenis pemanis ini kerap ditemukan dalam produk-produk makanan bebas gula, seperti minuman diet, permen karet, hingga yoghurt.