Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Asteroid Melintas Sangat Dekat Dengan Bumi Tanpa Terdeteksi, Bahayakah?

Asteroid merupakan bebatuan besar hingga kecil yang melayang di luar angkasa, ini memang tidak berbahaya, namun beberapa waktu lalu Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengamati ada dua asteroid berukuran kecil yang mendekati bumi bahkan melintasinya tanpa diketahui keberadaannya. Ini hal yang cukup mengkhawatirkan bukan, dimana keduanya bernama 2018 NW dan 2018 NX.

Jika 2018 NX melintas di sekitar bumi dengan jarak 115 ribu kilometer dengan titik awal permukaan bumi, maka 2018 NW lebih jauh lagi sekitar 122 ribu kilometer. Namun ini terhitung cukup dekat, hampir sama kira-kira sepertiga jarak antara bumi dan bulan. Hal ini dilansir langsung dari International Astronomical Union’s Minor Planet Center, dimana para peneliti di Observatorium Calofirnia menemukan hal tersebut.

Bahkan para astronomi memperkirakan besaran ukuran dari asteroid tersebut, masing-masing memiliki diameter 5 dan 15 meter. Ini ukuran yang terbilang kecil, jika memang ada benda langit yang mendekati bumi. Memang beberapa tahun terakhir, ada beberapa benda langit yang mendekati bumi bahkan melintasinya, namun tidak sampai menimbulkan masalah karena habis terkikis atmosfer bumi.

Kedua asteroid ini memang diperkirakan memilih kecepatan yang berbeda, dimana 2018 NX lebih lambat dan 2018 NW lebih cepat lima kali lipat. Meskipun memiliki lintasan yang cukup dekat dengan bumi, namun tidak berpotensi besar menembus atmosfer. Ini tidak akan berdampak besar pada bumi, karena diameternya cukup kecil dan saat masuk akan terkena gesekan atmosfer dan habis di langit.

Baca juga : Taman Nasional Langit Gelap Akan Segera Ada Di Kupang

Hal ini bukan sesuatu yang baru, dimana beberapa waktu lalu asteroid 2008 LA, terdeteksi beberapa detik sebelum menabarak bumi. Karena ukurannya yang cukup besar, sehingga menimbulkan cahaya yang cukup terang saat terjadi gesekan di atmosfer bumi. Ini bahkan terlihat jelas di langit Botswana, Afrika.

Hingga saat ini memang belum dikembangkan alat canggih yang bisa mendeteksi kedatangan benda dari luar angkasa yang mengarah ke bumi, biasanya memang akan terlihat sesaat saja apalagi jika ukurannya cukup kecil sehingga hanya terlihat seperti kilatan. Ini tidak berbahaya dan menjadi fenomena alam yang biasanya terjadi, seperti halnya bintang jatuh.

Asteroid memang tidak bisa dibilang sebagai ancaman untuk bumi, namun bagian dari antariksa. Dimana dengan adanya lembaga antariksa, bertugas untuk melindungi bumi dan kedatangan tamu dari luar angkasa yang sering datang tanpa konfirmasi dan bisa di identifikasi terlebih dahulu. Memang cukup berbahaya jika ukurannya, jika memang tidak habis terbakar di atmosfer maka berpotensi menyebabkan kerusakan di bumi.

Related Post

Jennifer Lopez Dapatkan Peran Penari Erotis di Fil... Jennifer Lopez akan kembali ke layar lebar dengan mengambil sebuah peran baru yang cukup menantang, bahkan bisa jadi belum pernah dimainkan sebelumnya...
10 Atlet Wanita Terseksi Mereka tidak hanya memukau dengan prestasinya, tapi juga memukau karena kecantikan wajah dan keindahan tubuhnya. Karena itu, jika ada laki-laki yang b...
Cara Efektif Mengendalikan Emosi Diri Sendiri Kita mesti memuji orang-orang yang dapat menjaga keadaan emosi dirinya tetap stabil. Mereka tidak mudah kehilangan pengendalian diri, tidak mudah ...
Tips Atasi Kecoak Supaya Tidak Masuk Rumah Kembali Hampir semua wanita tidak menyukai serangga satu ini, Kecoak. Ini adalah musuh besar dan akan selalu datang ke rumah yang kotor dan menimbulkan bau ...

One Comment

Comments are closed.