Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

ASN, TNI Dan Polri Dapat Tukin 100 Persen Jika Mampu Begini

ASN, TNI Dan Polri Dapat Tukin 100 Persen Jika Mampu Begini

Pemerintah menjanjikan para Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, hingga TNI bisa mendapatkan tunjangan kinerja 100 persen dari gaji pokok. Tunjangan ini bisa dinikmati asal kinerja mereka semakin membaik dari tahun ke tahun dan ekonomi nasional juga sehat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan, selama ini belum semua para abdi negara mendapatkan tunjangan kinerja 100 persen. Rata-rata tunjangan kinerja yang diberikan baru mencapai 70 persen.

“Insyallah dalam pemerintahan lima tahun akan datang, kalau ekonomi bagus, kinerja ASN semua baik, tentu tunjangan kinerja akan 100 persen,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PAN RB, Jakarta, Selasa (20/8).

Menurut Syafruddin, saat ini hampir semua tunjangan kinerja Kementerian dan Lembaga sudah menyentuh angka 70 persen. Untuk kepolisian, tunjangan kinerja yang diberikan mencapai 80 persen.

Selain itu, pemerintah juga tengah merumuskan mengenai skema baru pensiunan PNS. Saat ini, pihaknya masih melakukan pembahasan mengenai skema baru pensiunan PNS bersama dengan Kementerian Keuangan.

“Sedang diatur oleh Kemenkeu adalah single salary supaya nanti tidak seperti saya pensiunan Polri kecil. Jadi tidak perlu lagi pensiun dari pejabat sipil lainnya tidak dialami seperti saya pensiun Polri. Itulah penghargaan negara kepada aparaturnya,” jelasnya.

Sebelumnya di tahun lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan tunjangan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi dalam reformasi birokrasi yang dicapai.

Adapun kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 119/2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenhub, Perpres Nomor 120 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenperin, Perpres Nomor 121 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementan, dan Perpres Nomor 122 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemendag yang diteken pada 14 November 2018 lalu.

Dalam masing-masing Perpres itu disebutkan bahwa pegawai, baik PNS dan pegawai lainnya di lingkungan Kemenhub, Kemenperin, Kementan, dan Kemendag, selain diberikan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diberikan pula tunjangan kinerja setiap bulan.