Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Artikel Ramadan – Waktu Makan yang Tepat Saat Bulan Ramadan

Artikel Radahan - Waktu Makan yang Tepat Saat Bulan Ramadan

Artikel Ramadan – Bulan Ramadan akhirnya tiba, seluruh umat muslim tentu sudah bersiap untuk menjalankan ibadah puasa, biasanya berlangsung selama 30 hari atau bisa juga 29 hari. Puasa artinya mulai dari subuh hingga magrib, akan menahan lapar, haus dan hawa nafsu.

Ini sudah pasti akan melewatkan makan pagi dan siang bahkan sore, Anda jangan pernah merasa lemas. Karena sudah sahur sebelum subuh, ini akan jadi sumber tenaga untuk memulai puasa. Meskipun demikian ada banyak kebaikan jika Anda menjalankan ibadah puasa, mulai dari kesehatan pencernaan menjadi lebih bagus, meninggalkan konsumsi makanan tidak sehat, bahkan bisa menurunkan berat badan tanpa perlu diet ketat.

Nah, ada banyak sekali keuntungan jika berpuasa. Namun bagaimana cara menyesuaikan waktu makan yang tepat, karena hanya bisa makan dan minum di malam, tentu saja tidak bisa sepanjang malam memuaskan hasrat makan dan minum terus menerus. Ternyata ada jam makan selama berpuasa, agar tetap sehat dan kuat menjalaninya hingga Idul Fitri mendatang.

3 Waktu Tepat Untuk Makan Berat Selama Bulan Ramadan

1. Sahur

Inilah bekal utama yang akan membuat Anda siap menghadapi kegiatan sehari-hari, ada baiknya mengakhiri waktu sahur namun jangan makan terlalu cepat. Ini akan mengganggu sistem pencernaan, apa saja makanan yang bagus saat sahur.

Baca juga: Tips Atas Pemborosan Selama Bulan Ramadan

Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, ini harus seimbang, bahkan memperbanyak sayur dan buah sehingga tidak terjadi dehidrasi karena tidak bisa minum sepanjang hari. Saat sahur, hindari konsumsi makanan manis, ini akan memicu rasa haus dan lapar lebih cepat.

2. Berbuka Puasa

Sudah pasti akan mempersiapkan banyak makanan, bahkan saat membelinya Anda ingin membawa semua makanan. Ini hanya sifat lapar mata, dimana keinginan untuk makan semua makanan dalam jumlah besar, namun tidak melihat porsi makan sesungguhnya.

Ada baiknya saat berbuka, dahulukan makanan manis seperti buah dan minuman yang mengandung gula. Ini akan mengembalikan energi secara cepat. Setelah itu lanjutkan dengan menu makanan berat secukupnya saja, karena akan menjalani ibadah salat taraweh.

3. Makan Malam

Tetap bisa makan di malam hari, setelah salat taraweh, namun tidak semua orang melakukan hal tersebut. Memang boleh makan berat seperti nasi dengan lauk pauk, namun imbangi dengan sayur dan buah. Setelah itu banyak konsumsi air putih, untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan kesegaran tubuh.

Ternyata ada jam makan yang tepat untuk puasa, jika dilihat lagi waktu makan tetap 3 kali dalam sehari. Sama halnya jam makan di hari biasanya, hanya di rubah waktunya saja. Jika memang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya konsumsi susu dan multivitamin tambahan, jika sedang sakit bisa minum obat di saat sahur dan sebelum tidur.

Related Post

Sebarkan! Akibat Lengah, Orang Tua Ini Harus Kehil... Ketika anak-anak masih berada di usia dewasa, sudah sepantasnya orang tua memegang tanggung jawab lebih untuk memberikan pengawasan. Sedikit saja le...
Liburan Ke Pantai Jadi Destinasi Wisata Disukai Se... Liburan Ke pantai menjadi tujuan utama hampir semua orang untuk berlibur, tidak perlu melihat tanggal dan musim untuk datang ke laut lepas dan merasak...
Terjadi Lagi Rumah Diblokade Tembok Oleh Tetangga ... Jika kemarin Lukman Hakim menuliskan kata tenggang rasa di akun twitternya terhadap apa yang sedang hangat menjadi perbincangan belakangan ini nampa...
Anak Susah Makan, Berikan Camilan Untuk Meningkatk... Anak susah makan bukan lagi cerita baru, anak-anak usia 3 hingga 10 tahun memang cenderung sangat pemilih soal makanan. Apalagi jika berkaitan dengan ...

One Comment

Comments are closed.