Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Apakah Puasa Bisa Membuat Kekurangan Vitamin ?

Kondisi tubuh saat berpuasa memang berbeda dari biasanya, Anda memang akan lebih lemah dan kurang bertenaga apalagi jika sudah lewat tengah hari. Maka dari itu, harus memperhatikan asupan makanan di bulan ramadan, jangan sampai mengalami kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi penting bagi tubuh.

Lemas, lemah dan lesu menjadi keluhan utama setiap orang yang berpuasa, apalagi mendekati akhir bulan ramadan. Anda sudah tidak lagi fokus memikirkan makanan untuk berbuka dan sahur, bahkan sudah mulai memikirkan agenda lebaran. Padahal tubuh setiap harinya membutuhkan asupan nutrisi penting agak tetap sehat.

Ternyata ada akibatnya jika Anda tidak menjaga asupan makanan dengan benar, risiko mengalami kekurangan vitamin memang terlihat jelas. Bahkan memengaruhi kondisi tubuh, apa saja tanda Anda mengalami kekurangan asupan vitamin dan bagaimana solusinya, ikuti ulasan lebih lengkapnya.

4 Tanda Paling Mudah Mengenali Gejala Kekurangan Vitamin

  1. Mudah Lelah Tanpa Sebab Jelas

    Anda tentu akan merasakan capek dan lelah setiap harinya saat bekerja, namun bagaimana jika rasa lelah ini muncul sebelum jam pulang kerja. Sudah pasti akan memengaruhi kinerja, bahkan tidak bisa fokus dan pekerjaan banyak yang terbengkalai.

    Hal ini merupakan pertanda kekurangan vitamin B12, dimana tubuh akan mengeluarkan gejala neurpati perifer. Solusinya lebih banyak konsumsi sayur dan buah, jika bisa hindari minuman bersoda dan kopi yang bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam.

  2. Penurunan Penglihatan

    Anda merasa jika selama menjalani puasa penglihatan semakin menurun, ini bukan karena tambahan minus atau sudah saatnya berganti kacamata. Ini akibat kekurangan vitamin A, banyak orang menganggap ini hal biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya.

    Kurangnya asupan vitamin A dapat juga berpengaruh pada kondisi tubuh dan cukup berbahaya untuk kesehatan, pastikan mendapatkan asupan vitamin A yang cukup. Konsumsi sayuran, buah dan ikan, ini akan membuat penglihatan tidak mengalami penurunan dan bisa lebih fokus.

    Baca juga : Lemak Dagu Bisa Hilang Berkat Jus Melon

  3. Bibir Jadi Lebih Sering pecah-Pecah

    Hal normal saat musim panas bibir mengalami pecah-pecah, ini karena kurang konsumsi air dan terlalu lama berada di luar ruangan, apalagi saat matahari berada tepat di atas kepala. Namun saat berpuasa kondisinya semakin parah dan Anda terlalu gatal untuk mengelupas kulit bibir, bahkan hingga mengeluarkan darah.

    Ini kondisi yang sudah sangat memprihatinkan, dimana Anda mengalami kekurangan vitamin C, apalagi jika kondisi tubuh sudah sangat lemah. Anda akan lebih mudah pucat dan kurang bersemangat, jika memang kurang suka konsumsi sayur dan buah, dapatkan dari multivitamin dengan dosis vitamin C tinggi.

  4. Rambut Rontok Lebih Banyak

    Anda mendapati rambut rontok saat bersisir, ini hal normal dan bisa terjadi pada siapa pun. Namun patut khawatir jika jumlah rambut rontok melewati batas normal, bahkan bisa menyebabkan kebotakan dini. Hal ini karena kekurangan vitamin dan zat besi.

    Bukan hanya penting untuk penyusunan tulang, zat besi juga dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan bisa meningkatkan nafsu makan, apalagi untuk anak-anak. Orang dewasa juga membutuhkan asupan zat besi, untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit dan mengurangi stres akibat pekerjaan atau ritunitas yang padat.

Apakah mendapati semua tanda kekurangan vitamin di atas? Jangan takut, ini masih bisa diatasi dengan mengubah pola hidup dan usahakan istirahat di jam yang cukup. Jangan memotong waktu tidur, jika normalnya 6 hingga 7 jam per hari, pastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar saat bangun pagi menjadi lebih segar.

Related Post

Tiga bulan Tidak Pulang, Saat Sudah Susah Baru Deh... Siapa yang tidak suka memiliki hewan peliharaan. Setiap manusia tentunya senang bisa sayang kepada ciptaan Tuhan selain manusia. Hewan peliharaan ya...
Wajah Cantik Sehari-hari Karena Makeup Perhatikan ... Hampir semua wanita menggunakan makeup setiap harinya, alasannya klise agar tampil cantik. Namun apakah Anda sudah memperhatikan dampak negatifnya s...
Artikel Ramadan – Waktu Makan yang Tepat Saa... Artikel Ramadan - Bulan Ramadan akhirnya tiba, seluruh umat muslim tentu sudah bersiap untuk menjalankan ibadah puasa, biasanya berlangsung selama 3...
Oknum Polisi Ini lakukan Hal yang Tidak Pantas Pad... Ada ada saja kelakuan orang Indonesia belakangan ini atau lebih tepatnya kelakuan semua orang yang ada di dunia setelah adanya sosial media. Dilansi...

One Comment

Comments are closed.