Wednesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Apakah Fungsi Dari Zakat Yang Perlu Kita Ketahui

Apakah Fungsi Dari Zakat Yang Perlu Kita Ketahui

Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan ditutup dan disempurnakan dengan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah bagi yang mampu. Seluruh kaum Muslimin memahami dan menyadari betul akan kewajiban zakat fitrah ini. Selain karena ringan jumlahnya, yaitu 3,5 liter beras (makanan pokok) per jiwa, kewajiban ini juga cukup tersosialisasi secara luas di kalangan umat Islam.

Namun, sebenarnya kewajiban zakat itu bukan terbatas pada zakat fitrah saja. Sesuai dengan definisinya, yaitu kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dan dalam waktu tertentu, zakat tidak dikenakan pada makanan pokok saja (fitrah), tetapi dikenakan pada harta-harta yang dimiliki kaum Muslimin.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka. (QS At-Taubah: 103). Dari ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang zakat, yang dimaksud dengan harta yang wajib dizakati adalah emas, perak, uang, barang perdagangan, hasil pertanian, hewan ternak, barang temuan, barang tambang, dan makanan pokok.

Zakat merupakan salah satu pilar dari bangunan Islam yang disebut setelah syahadat dan shalat. Di dalam Alquran perintah zakat hampir selalu berbarengan dengan perintah shalat. Adapun fungsi- fungsi zakat yang bersifat personal, buah dari ibadah zakat yang berdimensi vertikal, yang dapat membentuk karakter- karakter yang baik bagi seorang muslim yang berzakat ( muzakki ) maupun yang menerima ( mustahiq). Diantaranya :

  1. Membersihkan diri dari sifat bakhil.
  2. Menghilangkan sifat kikir para pemilik harta.
  3. Mengembangkan rasa tanggung jawab sosial, terutama bagi pemilik harta.
  4. Menenteramkan perasaan mustahiq karena ada kepedulian terhadap mereka.
  5. Melatih atau mendidik berinfak dan memberi.
  6. Menumbuhkan kekayaan hati dan juga mensucikan diri dari dosa.
  7. Mensucikan harta para muzakki, dll.

Sedangkan tujuan- tujuan zakat yang bersifat sosial yaitu buah dari ibadah zakat yang berdimensi horizontal (antar manusia). Yang juga berperan penting dalam membina dan mencapai kemaslahatan masyarakat. Diantaranya adalah :

  1. Membentangkan dan membina tali persaudaraan sesama umat islam dan manusia pada umumnya.
  2. Sebagai penghubung antara golongan kaya dan golongan miskin.
  3. Mengangkat derajat fakir miskin dan membantunya keluar dari kesulitan hidup dan penderitaan.
  4. Membersihkan sifat iri dan juga dengki, benci serta hasud (kecemburuan sosial) dari hati orang- orang miskin.

Manfaat zakat adalah:

  1. meningkatkan taqwa kepada Allah swt
  2. meningkatkan rasa syukur
  3. meningkatkan rasa kasih dan sayang
  4. Tidak mencintai harta benda berlebihan