Friday, July 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Apa Yang Para Mommy Harus Tahu Tentang White Noise

Apa Yang Para Mommy Harus Tahu Tentang White Noise

Bagi sebagian bayi, white noise memang bisa membantunya mendapatkan tidur yang berkualitas. Anak bisa dengan mudahnya terlelap dan tenang sepanjang malam. Karenanya banyak ibu yang ingin membuktikan sendiri khasiat white noise ini. Nah, sebelum mencoba, ada baiknya Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan white noise untuk anak, Moms! ⁠

Tingkah laku si Kecil memang unik-unik ya, Moms? Kadang mengundang gelak tawa, tapi terkadang juga membuat jengkel. Eits tapi porsi happy-nya harus lebih besar ya, Moms. Yang sering membuat Moms jengkel biasanya ketika si Kecil cranky, susah didiamkan, atau sulit tidur. Tenang Moms, tiap permasalahan si Kecil ada solusinya kok, asal kita tidak panik dan menajamkan intuisi keibuan kita. Salah satu permasalahan yang umum adalah, si Kecil sulit tidur atau mudah terbangun. Ada salah satu cara yang bisa Moms coba, yaitu dengan menggunakan white noise.

Sebenarnya apa sih white noise itu? White noise adalah suara yang dihasilkan dari kondisi sekitar seperti suara vacuum cleaner, blender, kendaraan, deburan ombak, atau bisa juga gabungan dari suara-suara. Gunanya adalah agar suasana ramai, seolah-olah ada aktivitas di lingkungan sekitar. Bagi sebagian baby, white noise ini membantu tidur mereka. White noise ini bisa Moms dapatkan dengan mudah lho, bisa melalui YouTube, aplikasi di smartphone, atau ada alat pemutar white noise itu sendiri. Moms bisa mencobanya untuk si Kecil yang memiliki masalah tidur. Di balik kegunaan white noise ini ternyata ada keuntungan dan kerugiannya lho Moms, sebagai berikut.

Keuntungan:

  1. Membantu si Kecil cepat tertidur. Terutama jika baby Moms cepat terlelap kalau dibawa jalan-jalan, entah ke mal atau di dalam mobil.
  2. Membuat si Kecil terjaga di tidurnya. Si Kecil tetap terjaga meskipun suara di rumah sedang gaduh. White noise ini membantu menyamarkan suara-suara gaduh di luar sana, contohnya seperti bersin si Dads. Si Kecil jadi tidak mudah terganggu dengan suara-suara bising di sekitarnya.
  3. Membuat si Kecil nyaman. Suara dalam kandungan itu berisik lho Moms, jadi dengan menggunakan white noise ini, si Kecil akan merasa nyaman seperti di dalam kandungan.
  4. Membantu menidurkan si Kecil. Tentu saja Moms terbantu dengan white noise jika si Kecil lebih suka tidur dengan suara ramai.

Kerugian:

  1. Membuat si Kecil ketergantungan dengan white noise. Hal ini menjadi masalah baru ketika malah si Kecil tidak bisa tidur di suasana hening.
  2. Si Kecil jadi tidak bisa membedakan siang dan malam. Jika Moms terus menggunakan white noise di malam hari, si Kecil jadi tidak bisa membedakan suasana siang dan malam hari.
  3. Tidak semua baby cocok dengan white noise. Moms bisa mencoba menggunakan white noise ini terlebih dahulu ya, karena tidak semua baby suka dengan suasana berisik.
  4. Terlalu berisik membuat pendengaran baby terganggu. Moms sebaiknya memasang white noise ini dengan pas, jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi volumenya. Jenis white noise memang ada dua, ada yang high-pitch dan low-pitch. Bunyi high-pitch adalah seperti bunyi alarm, sirene, teriakan orang, dan bunyi low-pitch adalah seperti bunyi hujan, jangkrik, deburan ombak dan sebagainya. Gunakan white noise yang low-pitch ya Moms, jika ingin mencoba.

Itulah keuntungan dan kerugian menggunakan white noise. Well, white noise ini merupakan salah satu alat bantu untuk masalah tidur si Kecil, ya Moms.  Moms bisa juga kok mencoba cara lain untuk menidurkan si Kecil.