Tuesday, February 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anti Boros, Mulai Hindari Belanja Seusai Jam Kerja

Anti boros, ini hal yang selalu Anda tekankan untuk menghindari masalah di akhir bulan. Anda tentu tidak ingin masuk dalam lingkaran  ‘utang akhir bulan’ bukan, namun pada kenyataannya hampir setiap wanita tidak bisa menghentikan keinginan untuk ‘belanja’. Bahkan ini menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengembalikan ‘mood’ atau mengatasi ‘stres’, sebenarnya apakah hal tersebut perlu dilakukan?.

Kini sudah ditemukan satu kebiasaan buruk yang harus dihindari, berbelanja setelah jam kerja, kenapa demikian? Orang yang pulang kerja, tentu punya kecenderungan lelah, stres, pusing dengan semua permasalahan yang ada di kantor. Ternyata penelitian neurosains menyebutkan, kelelahan mental tersebut bisa mendorong seseorang untuk lebih impulsive lagi dalam belanja.

Pasalnya otak yang bertugas untuk melakukan evaluasi dalam setiap pengambilan keputusan, sedang dalam kondisi lelah sehingga Anda tidak akan berpikir panjang. Bahkan sering kali membeli barang yang tidak diperlukan dan nantinya akan disesali, hal ini sudah banyak dilakukan wanita setelah berbelanja. Bukan itu saja, sering kali akan membeli barang berdasarkan ‘suka’ bukan ‘butuh’, inilah yang membuat Anda lebih boros.

Hal ini sudah banyak dibuktikan wanita, dimana setelah pulang kerja tidak bisa memberikan keputusan yang tepat saat belanja. Pasalnya ada kaitannya, dengan kelelahan setelah kerja seharian dengan pengendalian diri, apalagi untuk masalah belanja. Jadi jika ingin menerapkan hidup anti boros, maka coba hindari berbelanja setelah jam kantor, bukan melarang melakukan hobi yang paling di sukai para wanita tersebut.

Baca juga : Hilangkan Perasaan Tanpa Uang Anda Tidak Bahagia

Hal ini berdasar pada kinerja otak, dimana bagian lateral prefrontal cortex (LPFC). Bagian ini tidak bisa bekerja dengan kecepatan seperti biasa, sehingga seseorang tidak bisa menentukan keputusan secara irasional, bahkan dengan pilihannya sendiri. Mayoritas pekerja di Indonesia, akan masuk kantor dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, berarti sudah lebih dari 8 jam Anda menggunakan otak untuk berpikir.

Maka dari itu, jangan heran jika otak di sore hari atau sepulang kerja sering kali kalah dengan keinginan, bahkan menjadikan seseorang menjadi lebih impulsif. Ini akumulasi rasa lelah, namun diri Anda tetap ingin melakukan aktivitas yang cukup berat. Saat menentukan satu keputusan, Anda membuat otak kembali berpikir, tentang baik dan buruk, padahal otak sudah sangat lelah dan tidak bisa lagi memberikan keputusan yang terbilang logis.

Selain itu, saraf juga mengalami ketegangan dan rasa lelah seharian penuh digunakan berpikir di kantor, hal ini berdampak besar pada keputusan ekonomi. Jadi, jika ingin menerapkan hidup anti boros, usahakan untuk tidak ke mall atau pusat perbelanjaan setelah pulang kerja. Ada baiknya, Andak pulang dan beristirahat terlebih dahulu. Nantinya bisa keluar kembali dengan wajah segar, badan lebih bersemangat dan bisa berpikir dengan jernih.

Related Post

Mulai Atur Keuangan Agar Bebas Utang Setelah Lebar... Pengaturan keuangan yang baik akan membuat hidup Anda bebas utang, hal ini sudah dibuktikan banyak orang. Kebanyakan memang melihat pinjaman sebagai p...
Bepe Minta Liga 1 Dibubarkan Saja, Daripada Mereka... Lagi-lagi persepakbolaan Indonesia tercoreng oleh dua kubu yang mengaku cinta dengan klubnya namun selalu berbuat bodoh dalam mendukung timnya terse...
Main Gadget Terlalu Lama, Ini Cara Menjaga Kesehat... Main gadget bukan hal baru di era digital saat ini, bukan hanya orang dewasa namun anak-anak juga sudah punya akses tanpa batas di internet dengan men...
Warisan Dunia, Mengapa Kota Tua Selalu Mengalami K... Warisan dunia merupakan situs atau tempat yang termasuk dalam peninggalan sejarah, hal ini dinobatkan oleh UNESCO. Namun sayang, Kota Tua Jakarta dini...

One Comment

Comments are closed.