Wednesday, January 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anies Temukan Segala Macam Sampah saat Kerja Bakti: Everything Under The Sky

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengadakan kerja bakti bersama warga di kawasan Makasar, Jakarta Timur (Jaktim). Anies mengatakan berbagai macam sampah ada di lokasi tersebut.

“Banyak sampah-sampah. Sampahnya segala macem. Segala macem ada di situ. Ada apa saja. No limit. Semuanya ada. Everything under the sky gitu. Semuanya ada. Bahkan mobil yang terendam ada semua,” kata Anies, di Jalan Kerja Bakti, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020).

Anies mengatakan dirinya dan seluruh warga serta petugas yang ada mengangkat segala jenis sampah yang sudah tertumpuk di lokasi. Menurutnya, tanpa bantuan dari banyak pihak, warga sekitar tidak akan mungkin dapat membersihkan lingkungan di sana.
“Jadi kita tadi angkat apa saja yang sudah terkumpul di sini karena jelas tidak mungkin warga di sini membawa itu semua. Kalau tidak datang para relawan kerja bakti ini tidak mungkin cukup kekuatan untuk mengangkat (sampah),” ujar Anies.

Dia juga mengatakan akses dari lokasi kerja bakti menuju jalan raya cukup jauh. Dia pun mengapresiasi setiap orang yang berpartisipasi dalam proses kerja bakti yang dilakukan secara estafet tadi pagi.
“Dari sini keluar aja panjangnya sekitar 300 meter. 300 meter itu tadi.. seperti pagar betis, memindahkan sampah dari tangan ke ujung. Jadi semangat ini yang kita apresiasi sekali,” kata Anies.

“Saya berkali-kali menyampaikan, bisa saja hanya pemerintah dan tni dan polisi yang datang di semua tempat untuk membersihkan tapi yang dibutuhkan sekarang ini bukan saja membersihkan sampahnya tapi mendorong ikatan perasaan kebersamaan keluarga Jakarta,” imbuh Anies.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut serta dalam kerja bakti di kawasan Makassar, Jakarta Timur, usai banjir melanda kawasan itu sejak pagi hari. Kerja bakti tersebut dilakukan sejak pukul 7.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Anies mengenakan jaket seragam BPBD DKI Jakarta lengkap dengan sepatu boots dan sarung tangan karet berwarna oranye. Dia melakukan kerja bakti bersama dengan warga sekitar, beberapa personil TNI, dan para petugas dari Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur dan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.