Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anak Takut Keramas, Ini Cara Atasi Paling Mudah Tanpa Menangis

Anak takut keramas, ini permasalah utama saat mengajak anak untuk mandi. Pasalnya saat keramas harus menguyur air dari atas kepala, sering kali membuat anak ‘gelagapan’ dan merasa takut dengan air yang melimpah. Tenang saja, bagi orang tua baru ini hal yang normal dan terjadi pada hampir semua anak, tugas orang tua adalah memperkenalkan dan mendampingi anak agar tidak takut dengan air.

Mengajak anak mandi memang bukan mudah, hal serupa terjadi juga saat mengajaknya untuk menyelesaikan waktu mandi. Selalu ada keributan yang berakhir dengan tangisan, apalagi jika sudah saatnya untuk keramas. Bahkan melakukan hal yang tidak diinginkan, tentu saja ini membuat beberapa orang tua kesal.

Ternyata membujuk anak untuk mau keramas bukan hal sulit, dilansir dari AHA!, Lauran Markham, seorang psikolog yang berasal dari Columbia University, Amerika Serikat, memberikan saran mudah untuk mengatasi masalah anak takut keramas tanpa harus membuat buah hati menangis. Bahkan membuat hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan dan akan dinantikan kembali.

Hal utama yang harus dilakukan orang tua adalah jangan membuat kondisi menjadi lebih menakutkan, banyak orang tua yang takut sendiri menghadapi anak, apalagi jika sudah menangis. Jangan panik jika melihat anak takut, apalagi dengan hal baru, ada baiknya Anda menenangkan diri sendiri dan buah hati dengan mengatakan ‘tidak apa-apa’, ‘ini akan baik-baik saja’, apalagi saat air mulai menyentuh kepala, banyak anak berpikir anak tenggelam, namun yakinkan buah hati ini akan baik-baik saja.

Baca juga : Menitipkan Anak Ke Pengasuh Atau Orang Tua, Anda Tentukan Dengan Bijak

Kenapa tidak mencoba memperkenalkan air dalam jumlah banyak pada anak, memang tidak harus langsung membawanya ke kolam renang. Namun tempatkan anak di bak besar dan cobalah untuk mengajaknya berendam, seperti masuk dalam bathup dan cobalah bermain air dengan anak. Ini akan membuat anak tidak takut lagi, saat air menyentuh atau mengguyur kepalanya.

Selain itu, untuk mengatasi masalah anak takut keramas coba gunakan shampo khusus. Ini memang di formulasikan khusus untuk anak, baunya akan berbeda bahkan tidak akan terasa pedih di mata. Selain itu, busa juga tidak terlalu banyak dan beraroma buah seperti yang disukai anak-anak. Bahkan anak tidak akan segan untuk meminta jadwal keramas kembali, karena kegiatan ini sangat menyenangkan.

Bisa juga dengan menggunakan cara mengalihkan perhatian saat akan membilas kepalanya, sehingga anak tidak akan tegang. Anda bisa menyanyikan lagu kesukaannya, ini akan membuat anak menjadi lebih tenang. Jika masih kuwalahan, kenapa tidak membawa serta mainan favoritnya. Bawa dengan bahan karet atau plastik, sehingga akan mudah dibersihkan dan tidak perlu di cuci terus menerus.

Mengajak anak untuk mandi dan memperkenalkan air memang tidak mudah, apalagi jika mengajaknya ke kolam renang atau pantai. Ada baiknya untuk mengatasi masalah anak takut keramas tidak menggunakan kekerasan, baik secara verbal dan fisik. Anda mungkin dalam keadaan lelah di sore hari dan harus mengurus buah hati, namun pastikan memberikan pengalaman terbaik di masa kecilnya.

Related Post

Zumi Zola Foya-foyakan Uang Hasil Gratifikasi Untu... Para artis belakangan ini memang sangat akrab dengan dunia politik di Indonesia. Namun jika kita tidak memanfaatkan jabatan tersebut dengan baik dan...
Demi Lovato Sudah Buka Suara Terkait Kasus Overdos... Demi Lovato beberapa waktu lalu memang banyak diberitakan mengalami overdosis, bahkan harus mendapatkan pertolongan medis dan nyaris meregang nyawa da...
GoPro Segera Luncurkan Tiga Kamera Baru Budget Mir... Gopro nampaknya dalam waktu dekat akan segera meluncurkan produk terbarunya, jika banyak produsen hanya akan merilis satu produk saja, namun kini seng...
Hati-Hati Kebiasaan Kecil Membahayakan Miss V Miss V merupakan organ penting dan paling sensitif bagi wanita, maka dari itu harus dijaga dengan baik kebersihan dan kesehatannya. Jika tidak, maka b...

One Comment

Comments are closed.