Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anak Susah Makan, Berikan Camilan Untuk Meningkatkan Berat Badan

Anak susah makan bukan lagi cerita baru, anak-anak usia 3 hingga 10 tahun memang cenderung sangat pemilih soal makanan. Apalagi jika berkaitan dengan sayur, sudah pasti akan menutup mulut dengan rapat, bahkan hingga menangis. Namun banyak orang tua tentu merasa khawatir dengan berat badan anak yang sering kali di bawah standar, meskipun buah hati tidak mengalami sakit namun takut jika mudah terserang penyakit nantinya.

Kenapa tidak membuat camilan sehat untuk anak sendiri, ini tentu akan sangat menyenangkan. Karena Anda bisa memastikan sendiri anak tidak konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan berbahaya dan pengawet, bahkan bisa menebak apa bahan makanan favorit sehingga akan lebih bersemangat saat makan.

Camilan manis menjadi pilihan tepat, ini akan memicu anak susah makan untuk membuka mulutnya. Bahkan tidak ragu untuk menambah kembali, pasalnya rasa manis banyak disukai anak. Tenang saja, Anda bisa mengendalikan rasa manis dengan menggunakan buah-buahan bukan gula, ini akan membuat anak mendapatkan kadar serat yang cukup sehingga tidak akan mengalami masalah pencernaan.

Selain itu, ada juga cara untuk meningkatkan berat badan pada anak susah makan, jika menurut pakat diet Jasly Koo, dari Health XChange Singapore, ada baiknya orang tua lebih sering memberikan camilan sehat dalam bentuk kering pada anak. Kenapa bisa demikian dalam pemilihan camilan sehat untuk anak.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris, Kapan Waktu Tepat Anak Memulainya

Hal ini karena anak akan sulit makan dalam porsi besar, karena perut dan mulutnya masih kecil. Namun membutuhkan banyak nutrisi penting, kegiatan nyemil akan membuat perut terus mendapatkan makanan. Dimana bisa memberikan camilan sehat dengan bahan dasar, telor, daging, keju, kacang-kacangan dan buah.

Ini akan sangat bagus untuk tumbuh kembang anak, dimana tidak akan merasa bosan dengan makan yang terlalu banyak. Camilan manis dan gurih tetap akan memberikan porsi makan yang cukup, namun bentuknya kecil sehingga anak akan tertarik untuk menghabiskan bahkan meminta kembali. Sehingga bisa membantu meningkatkan berat badan.

Namun ada beberapa jenis camilan yang patut dihindari diberikan pada anak, misalkan kacang dalam bentuk utuh, karena ini akan sulit dicerna dan saat di makan bisa menyebabkan tersedak. Selain itu, pastikan camilan sehat untuk anak susah makan seimbang, misalkan berikan susu dan keju dalam jumlah cukup, meskipun sangat disukai anak.

Anda juga bisa mengajak serta anak untuk membuat camilan sendiri, mereka pasti dengan senang hati memilih bahan makanan favoritnya. Bahkan akan membawa camilan ke sekolah dan memakannya bersama teman-teman, ini salah satu cara untuk mengatasi anak susah makan yang berat badannya cenderung lebih rendah dari teman seusianya.

Related Post

Hati-Hati Efek Samping Negatif Jarang Tidur Banyak anak muda punya kebiasaan buruk di malam hari, yaitu tidak bisa tidur atau banyak yang menyebutnya insomnia. Padahal penyakit ini disebabkan ol...
Bercinta Tidak Nyaman, Laki-Laki Tidak Menyukai Ad... Bercinta tidak nyaman untuk laki-laki, Anda harus tahu penyebab pastinya. Karena ini awal dari kebosanan dan bisa jadi kehancuran hubungan dengan pasa...
Panduan Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Bad... Setiap harinya tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih, ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan menunjang rutinitas kerja. Bukan hanya itu s...
Perut Gatal Ketika Masa Kehamilan, Apakah Bayi Sed... Perut gatal saat kehamilan banyak diartikan jika calon buah hati sedang dalam pertumbuhan rambut, hal ini memang masih menjadi mitos. Karena beberapa ...

One Comment

Comments are closed.